PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR LIFT BERBASIS PLC OMRONPADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK
Abstract
Abstrak
Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Mengetahui rancang bangun media pembelajaran Simulator Lift Berbasis PLC Omron Untuk Mata Pelajaran Instalasi Mesin Listrik Kelas XII SMK N 1Magelang, dan (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran simulator lift berbasis PLC Omron untuk mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XII SMK Negeri 1 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE menurut Robert Branch yang meliputi: (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) develope (pengembangan), (4) implement (implementasi), (5) evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan empat pilihan jawaban untuk siswa dan empat pilihan jawaban untuk ahli. Validitas yang digunakan adalah berdasarkan pendapat dari dua ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) rancang bangun simulator lift berbasis PLC Omron bias digunakan pendekatan metode ADDIE menurut Robert Branch; (2) kelayakan media pembelajaran simulator lift ditinjau dari ahli materi mendapatkan skor80.83% dari persentase maksimum sebesar 100%dan dikategorikan “layak”. Ditinjau dari ahli media mendapatkan skor85.12% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Pada pilot test mendapatkan skor80.62% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”. Uji pengguna dinilai berdasarkan angket yang di isi oleh 20 siswa dan hasil dari uji pengguna ini mendapatkan skor 84.89% dari persentase maksimum sebesar 100% dan dikategorikan “layak”.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, ADDIE, Simulator Lift,PLC Omron
Abstract
The purpose of this research is: (1) to know the design of Lift Simulator as Learning Media using Omron PLC for Electrical Machine Installation subject at class XII SMK N 1 Magelang, and (2) to know the feasibility of Lift Simulator as Learning Media using Omron PLC for Electrical Machine Installation subject in class XII SMK N 1 Magelang. This research and development using ADDIE method from Robert Branch consists of: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, (5) evaluate. The instrument used in this research were questionnaires with four answer selection for students and four answer selection for expert judgements. The validity for this research was based on opinions from two media experts and two matter experts. The results of this research are: (1) The design of Lift Simulator as Learning Media using Omron PLC can be made using ADDIE method from Robert Branch; (2) The feasibility of Education Media Lift Simulator from matter experts is 80.83% and was categorized “feasible”, from media expert is 85.12% and was categorized “feasible”. The feasibility from pilot test is 80.62% and was categorized “feasible”, and user test using questionnaire from 20 students gained 84.89% and was categorized “feasible”.
Keyword: Education Media Research, ADDIE, Lift Simulator, Omron PLC
Full Text:
DOWNLOAD PDFDOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i2.2197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro