EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI RANGKAIAN DIGITAL DASAR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 3 SEMARANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas penggunaan metode pembelajaran inkuiri dan media pembelajaran EWB untuk peningkatan hasil belajar kompetensi pada pokok bahasan “Rangkaian Digital Dasar”, (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan metode pembelajaran konvensional, dan (3) perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran inkuiri dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan pada kelas X TITL di SMK Negeri 3 Semarang. Populasi berjumlah 3 kelas, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, sampel penelitian 2 kelas sejumlah 60 siswa, yaitu X TITL 3 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode pembelajaran inkuiri lebih efektif untuk peningkatan kompetensi pada pokok bahasan rangkaian digital dasar dibandingkan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji N-gain terlihat dari perbandingan rata-rata data pretest-posttest menunjukkan rata-rata kelas eksperimen 0,7732 yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol 0,5724 yang termasuk kategori sedang, (2)besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 31,466, dan kelas eksperimen adalah sebesar 43,467, (3)besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 12,001.
Kata kunci :efektivitas, metode pembelajaran inkuiri, media pembelajaran simulasi EWB.
Abstract
This study aimed to determine: (1) the effectiveness of the use of inquiry learning methods and instructional media EWB for learning outcome competency in the subject “Basic Digital Circuit”, (2) how much improvement in student learning outcomes using the method of inquiry learning and conventional learning methods, and (3) differences in learning outcomes of students who take learning using inquiry learning method using conventional learning. This research is a quasi experimental research design nonequivalent control group design. Research conducted on the class X TITL in SMK Negeri 3 Semarang. Population of 3 classes, the sampling technique used is random sampling, sample number 2 class of 60 students, which is X TITL 3 as the experimental class and class X TITL 2 as a control. The analysis technique used is descriptive analysis, t-test and the test N-gain. The results showed that: (1) inquiry learning method is more effective to increase the competence on the subject of basic digital circuits than conventional learning. Based on the test results of N-gain seen from the comparison of the average pretest-posttest the data shows the average experimental class that includes categories 0.7732 high and 0.5724 the control classes were categorized, (2) the magnitude of the increase in student learning outcomes in the classroom control amounted to 31,466, and the experimental class amounted to 43,467, (3) the magnitude of difference in improving student learning outcomes between the experimental class and the control class is 12,001.
Keywords: effectiveness, methods of inquiry learning, instructional media EWB simulation
Full Text:
DOWNLOADDOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v6i1.1768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro