PENINGKATAN KOMPETENSI INSTALASI PENERANGAN LISTRIK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA TRAINER
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode problem solving dengan bantuan media pembelajaran berupa trainer instalasi penerangan listrik dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, dan lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran problem solving, kompetensi siswa mengalami peningkatan yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan persentase semua penilaian aspek afektif siklus I sebesar 72,04%, meningkat pada siklus II sebesar 86,51%. Aspek kognitif siswa mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 69,26 meningkat menjadi 79,16 pada posttest 1, lalu mengalami peningkatan lagi menjadi 90,53 pada posttest 2. Aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan yang terlihat dari persentase panilaian siklus I sebesar 57,63%, meningkat pada siklus II sebesar 85,66%.
Kata kunci: kompetensi siswa, penelitian tindakan kelas, problem solving, trainer instalasi penerangan listrik.
Abstract
This research aims to determine whether the use of problem solving method with the help of instructional media in the form of electrical lighting installation trainers can improve the competence of students class XI of electrical engineering skills program of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta on the subject of electrical lighting installation. This research is a classroom action research. The data were collected using student activity observation sheet to know the improvement of students' affective aspect, pretest and posttest instrument to know the cognitive aspect improvement of the students, and psychomotor observation sheet to know the psychomotor aspect improvement. The result of research known that after applied problem solving learning method, student's competence have improvement which observed from three aspect, namely affective aspect, cognitive, and psikomotor. This is seen by the increasing percentage of all affective aspects of the cycle I of 72.04%, increased in cycle II of 86.51%. The cognitive aspect of the student has increased visible from the pretest average value of 69.26 increased to 79.16 in posttest 1, then increased again to 90.53in posttest 2. Psychomotor aspect also experienced a visible increase from percentage panaji cycle I of 57,63%, increase in cycle II equal to 85,66%.
Keywords: classroom action research, electrical lighting installation trainer, problem solving, student competence.
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i2.13778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro