PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Pembelajaran CTL dengan berbantuan Trainer dapat meningkatkan kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas X, program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan lembar observasi dengan tiga instrument: kognitif, afektif, psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan diterapkanya model pembelajaran berbantuan trainer, kompetensi siswa pada standar kompetensi pengukuran kapasitansi mengalami peningkatan. Peningkatan Aspek afektif mempunyai nilai rata-rata 45,8% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,4% pada akhir siklus II. Peningkatan Aspek Kognitif mempunyai nilai rata-rata Pre-test 50 pada siklus I dan meningkat menjadi 80 pada Post-test siklus II. Peningkatan Aspek psikomotorik mempunyai nilai rata-rata 79 pada praktik job 1 siklus I, meningkat menjadi rerata 80 pada praktik job 2 siklus II.
Kata kunci : Kompetensi, Model Pembelajaran Kontekstual , Berbantuan Trainer.
Abstrak
This study aims to determine whether or not the use of Trainer-assisted Contextual Teaching Learning (CTL) model can improve the competence of Vocational High School students class X, electrical installation program. This research was a classroom action research with Kemmis & Mc Taggart model. The data collecting method used was observation with three instrument: cognitive, affective, psychomotor. Data analysis technique used in this research was quantitative descriptive analysis. The research result showed that by implementating trainer-assisted learning model, student accomplishment on the competence standar of capasitor measurement has increased. The affective aspect improvement average value was 45.8% in cycle I and increased to 76.4% in the end of cycle II. The cognitive aspect improvement average value was 50 in Pre-test and increased to average value of 80 Post-test in cycle II. The psychomotor aspect improvement average value was 79 pratice job 1 on cycle 1 and increased to average value of 80 pratice job 2 in cycle II.
Keywords: Competency, Contextual Teaching Learning Model, Trainer assited
DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i1.13764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro