PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL

Arief Reesa W , Zamtinah, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model Pembelajaran CTL dengan berbantuan Trainer dapat  meningkatkan kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan kelas X, program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan lembar observasi dengan tiga instrument: kognitif, afektif, psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan diterapkanya model pembelajaran berbantuan trainer, kompetensi siswa pada standar kompetensi pengukuran kapasitansi mengalami peningkatan. Peningkatan Aspek afektif mempunyai nilai rata-rata 45,8%  pada siklus I dan meningkat menjadi 76,4% pada akhir siklus II. Peningkatan Aspek Kognitif mempunyai nilai rata-rata Pre-test 50 pada siklus I dan meningkat menjadi  80 pada Post-test siklus II. Peningkatan Aspek psikomotorik mempunyai nilai rata-rata 79 pada praktik job 1 siklus I, meningkat menjadi rerata 80 pada praktik job 2  siklus II.

 

Kata kunci : Kompetensi, Model Pembelajaran Kontekstual , Berbantuan Trainer.

 

Abstrak

This study aims to determine whether or not the use of  Trainer-assisted Contextual Teaching Learning (CTL) model  can improve the competence of  Vocational High School students class X, electrical installation program. This research was a classroom action research with Kemmis & Mc Taggart model.  The data collecting method used was  observation with three instrument: cognitive, affective, psychomotor. Data analysis technique used in this research was quantitative descriptive analysis. The research result showed that  by implementating trainer-assisted learning model, student accomplishment on the competence standar of capasitor measurement has increased. The affective aspect improvement average value was 45.8% in cycle I and increased to 76.4% in the end of cycle II. The cognitive aspect improvement average value was  50 in Pre-test and increased to average value of 80 Post-test in cycle II. The psychomotor aspect improvement average value was  79 pratice job 1 on cycle 1 and  increased to average value of 80 pratice job 2 in cycle II.

 

Keywords: Competency, Contextual Teaching  Learning Model, Trainer assited

Full Text:

PDF 1-7


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i1.13764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro