PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

Safitri Nur Insani , Nurhening Yuniarti, , Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik kelas X di SMK Negri 1 Adiwerna jurusan TITL; 2) meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik kelas X di SMK Negeri 1 Adiwerna jurusan TITL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart (Zainal Aqib, 2009: 23). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TITL 3 yang melibatkan 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari  dua  siklus  dengan  dua  kali  pertemuan  pada  setiap  siklus.  Pengumpulan  data  dilakukan  menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran dasar pengukuran listrik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I, persentase rata-rata kemampuan komunikasi siswa 41% dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus I 60% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79%.

 

Kata Kunci: Snowball Throwing, Dasar Pengukuran Listrik, Kemampuan Komunikasi, Keaktifan

 

Abstract

The objectives of this research are to: 1) improve the communication skill of Basic Electric Measurement for class X of Vocational High School (VHS) 1 Adiwerna majoring Installation Technique of Electric Power, 2) improve the activenesss of Basic Electic Measurement for class X of Vocational High School (VHS) 1 Adiwerna majoring Installation Technique of Electric Power. This research is action research, model development by Kemmis & Taggart (Zainal Aqib, 2009: 23). The subjects of this research involved 35 students of class X Intallation Technique of Electric Power 3. It was conducted in two cycless with two meetings in each cycle. The data were collected through observation, documentation, field notes, and research instruments. The result of this research showed that the use of cooperative learning model Snowball Throwing in Basic Electric Measurement was able to improve students’ communication skill and activeness in  cycle 1, the studens communication skill average percentage was 41% and in cycle 2 it improved into 79%. The student activeness average percentage in cycle 1 was 60% while in cycle 2 improved into79%.

 

Keywords: Snowball Throwing, Basic Electic Measurement, Communication Skill, Activeness



Full Text:

PDF 267-276


DOI: https://doi.org/10.21831/elektro.v8i4.13437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro