PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA

Iwan Darmawan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya baik secara parsial maupun simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa di SMA N 1 Bayat. Penelitian ini merupakan penelitian dengan ex-post facto pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Bayat kelas X dan XI tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat. (3) Terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan lingkungan teman sebaya secara simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa di SMA N 1 Bayat.

 

 

Kata kunci: status sosial ekonomi, teman sebaya, melanjutkan studi

Abstract: This study aimed to find out the effects of the socio-economic status and the peer environment both partially and simultaneously on the interest in continuing the study in higher education among students of SMA N 1 Bayat. This was an ex post fracto study using the quantitative approach. The research population comprised the student of Grades X and XI of SMA N 1 Bayat in the 2016/2017 academic year. The sample in the study was selected by mean of the random sampling technique with a total of 120 respondents. The data were collected by a questionare and documentation. The data analys technique was multiple regresion analysis. The result of the study showed that: (1) there no significant positive effect of the soscio-economic status on the  interest in continuing the study in higher education among students of SMA N 1 Bayat; (2) there was a significant positive effect of the peer environtment status on the interest in continuing the study in higher education among students of SMA N 1 Bayat; (3) there was a significants effect of the socio-economic status and the peer environment simultaneously on the interest in continuing the study in higher education among students of SMA N 1 Bayat.

                                               

Keywords: sosio-economics status, peer, continuing the study


References


Anonim. Badan Pusat Statistik http://www.bps.go.id/LinkTableDinamis/id/1504 Diakses pada tanggal 4 maret 2016 jam 21:25 WIB

Anonim. Jawa pos http://www2.jawapos.com/baca/artikel/17442/Meneropong-Jalan-Masa-Depan-Lulusan-SMA-Sederajad Diakses pada tanggal 4 maret 2016 jam 22:45 WIB

Ayu Dwi Febriani. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Pendidikan, Lingkungan Teman Sebaya, Jenis Sekolah, Dan Status Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Jenjang Pendidikan Menengah Yang Bertempat Tinggal Di Desa Adiwerna Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY

Ali Muhson. (2015). Modul pelatihan SPSS. FE UNY.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkebangan. Jakarta: Erlangga.

M Enoc Murkim. (2007). Pendidikan tinggi dalam perspektif sejarah dan perkembanganya di indonesia. Jakarta: direktorat jendral pendidikan tinggi pendidikan tinggi depdiknas

M Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pujianti. (2009). Pengaruh Kondisi Sosial Dan Ekonomi Orangtua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Danswasta Di Kabupaten Pati. Skripsi. Semarang : UNNES

Sholahwati SA. (2016). Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Slamet Santoso. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Soelaiman jusuf. 2010. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.