Penguatan keterampilan kerja sama siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Peleton Inti di SMA N 1 Sentolo

Agustina Olivea Amanda Prima Arisandy, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


Kegiatan pembelajaran di dalam kelas dinilai kurang optimal terutama dalam penyampaian karakter. Guru telah berupaya semaksimal mungkin tetapi masih ditemui beberapa permasalahan karakter di dalam kelas. Salah satu karakter yang ialah karakter kerja sama. Permasalahan ini terlihat dalam beberapa kegiatan di dalam kelas yakni masih banyaknya siswa yang tak acuh dengan teman, tidak berkontribusi dan bahkan tidak menghiraukan interuksi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kerja sama siswa melalui ekstrakurikuler Peleton Inti yang berada di SMA N 1 Sentolo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa adanya kegiatan Peleton Inti sudah berjalan dengan baik dan memberikan peranan yang baik dalam keterampilan kerja sama siswa, kemudian ditemukan faktor pendorong dan penghambat serta sekolah telah mengupayakan untuk mengatasi hambatan yang ada. Penelitian ini merekomendasikan agar nantinya sekolah dapat menangani hambatan dengan lebih serius.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.