Model Pendidikan Lalu Lintas Bagi Siswa di SMA Negeri 1 Patikraja

Khamidatul Awaliyah, , Indonesia
Sri Hartini, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Pendidikan Lalu Lintas, dan mengidentifikasi foktor penghambat pelaksanaan Pendidikan Lalu Lintas dalam upaya meningkatkan ketertiban berlalu lintas siswa di SMA Negeri 1 Patikraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu Waka Kesiswaan, Guru PPKn, tiga Perwakilan Siswa SMA Negeri 1 Patikraja, serta KANIT Polsek Patikraja. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model pendidikan lalu lintas bagi siswa di SMA Negeri 1 Patikraja terdiri dari Edukasi melalui Sosialisasi oleh pihak Kepolisian dan Pembelajaran PPKn. Pelaksanaan pendidikan lalu lintas dilaksanakan lebih dari sekali setahun bekerja sama dengan instansi kepolisian dan Guru PPKn. (2) Terdapat empat faktor penghambat pelaksanaan pendidikan lalu lintas di SMA Negeri 1 Patikraja, yaitu: faktor komunikasi dengan Polres Banyumas, faktor partisipasi orang tua/wali murid, faktor Pandemi Covid-19, dan faktor pembuatan SIM bagi siswa SMA Negeri 1 Patikraja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.