KETERBACAAN BUKU TEKS PPKn SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 MENURUT PERSEPSI SISWA

Bara Murti Raharjo,
suyato suyato,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian komponen kebahasaan dan komponen penyajian materi dalam buku teks pelajaran PPKn SMP kelas VII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan standar penilaian buku teks menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menurut persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrument penelitian meliputi indikator komponen kebahasaan dan komponen penyajian materi. Selanjutnya untuk menganalisis data menggunakan data statistic SPSS dan mencermati mencatat butir-butir materi pembelajaran yang terdapat dalam buku teks pelajaran PPKn. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan memperhatikan aspek validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data, diperoleh kesimpulan: kategori sangat tinggi 8% (8 orang), kategori tinggi 18% (18 orang), kategori rendah  34% (34 orang), dan pada kategori sangat rendah 40% (40 orang). Berdasarkan kecenderungan menunjukkan bahwa kategori rendah lebih mendominasi, yang artinya persepsi siswa tentang keterbacaan buku teks PPKn oleh sebagian besar responden masih tergolong rendah.

Kata Kunci : Persepsi siswa, Buku teks PPKn, BSNP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.