KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DIAN GITAYA
Dr. Endang Mulyatiningsih, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendidikan di LKP Dian Gitaya yang terbagi
menjadi enam dimensi kualitas jasa yaitu : (1) Non-academic Aspects, (2) Academic Aspects, (3) Reputation, (4)
Access, (5) Program Issues, dan (6) Understanding. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan
pendekatan kualitatif yang berlokasi di LKP Dian Gitaya Kotabaru Yogyakarta pada bulan Januari hingga bulan Mei
2017. Subyek pada penelitian ini adalah enam peserta didik angkatan ke-46, satu peserta didik dari angkatan ke-47,
dua instruktur, dan seorang karyawan LKP Dian Gitaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mereduksi data, model data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Non-academic Aspects mempunyai kualitas yang cukup baik,
(2) Academic Aspects mempunyai kualitas yang baik pada seluruh aspeknya, (3) Reputation mempunyai kualitas
yang masih kurang, (4) Access mempunyai kualitas yang cukup baik, (5) Program Issues mempunyai kualitas yang
sudah cukup baik, dan (6) Understanding mempunyai kualitas yang masih kurang.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Lembaga Kursus dan Pelatihan
Abstract
The purpose of this research is to measure quality service education in course and training institute (LKP)
Dian Gitaya which dimension of the quality service is divided into six aspetcs: (1) Non-academic Aspects, (2)
Academic Aspects, (3) Reputation, (4) Access, (5) Program Issues, and (6) Understanding. This research is a study
case research using qualitative approach which takes place at LKP Dian Gitaya Kotabaru Yogyakarta, in January
to May 2017. Subjects of this research are six students from batch 46, one student from batch 47, two instructors,
and an employee of LKP Dian Gitaya. Interview, observation, and documentation are used as the method to collect
data. To test reliability of this research, researcher uses triangulation method which involves different sources and
techniques. Miles and Huberman model of data analyzing is used in this research which consists of three steps, which
are data reduction, data display, and data drawing/verifying. Result of this research are: (1) Non-academic Aspects
has acceptable quality, (2) Academic Aspects has good quality at all aspects, (3) Reputation has poor quality, (4)
Access has acceptable quality, (5) Program issues has acceptable quality, and (6) Understanding has poor quality.
Keywords: Quality Service, Course and Training Institute
Full Text:
PDFReferences
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan:
Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Firdaus Abdullah. (2005). The development of
HEdPERF: A New Measuring Instrument
of Service Quality For The Higher
Education Sector. International Journal of
Consumer Studies (30, 6) Hlm. 569-581
Gabrilin, Abba. (2014). Anies Baswedan Sebut
Pendidikan Indonesia Gawat Darurat.
Diakses dari
http://www.edukasi.kompas.com/read/201
/12/01/13455441/aniese.baswedan.sebut.
pendidikan.indonesia.gawat.darurat pada
tanggal 13 Desember 2016, Jam 06.14
WIB.
Ghony, M. Djunaidi & Almanshur, Fauzan.
(2012). Metode Penelitian Kualitatif.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Herdiansyah, Haris. (2015). Metodologi
Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi.
Jakarta: Salemba Humanika.
Ida Kintamani Dewi Hermawan. (2012). Kinerja
Pendidikan Kesetaraan Sebagai Salah Satu
Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan (Vol.18,
Nomor 1). Hlm. 65-53
Klaus Scwhab. (2016). The Global
Competitivness Report 2016-2017. World
Economic Forum. Hlm. Xiii,29.
Kutha Ratna, Nyoman. (2010). Metodologi
Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-Ilmu
Sosial Humaniora Pada Umumnya.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lorentya Yulianti Kurnianingtyas & Mahendra
Adhi Nugroho. (2012). Implementasi
Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik
Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan
Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas x
Akuntansi 3 SMK Negeri Yogyakarta
Kualitas Pelayanan Pendidikan .... (Faiq Abdul Aziz)
Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal
Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. X,
No.1). Hlm. 66-67.
Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian
Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan
Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Punch, Keith F. (2009). Intruduction to Research
Method in Education. London: Sage.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Sekretariat Kabinet
RI. Jakarta.
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
Sallis, Edward. (2012). Manajemen Mutu Terpadu
Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Sri Yona. (2006). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal
Keperawatan Indonesia (Volume 10, No.
. Hlm. 76-80.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i4.8391
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1