PROFIL USAHA JAJANAN PASAR DALAM JENIS PRODUK, PENDAPATAN, KETERSERAPAN TENAGA KERJA DI PASAR BANTENGAN

Bastiana Salendra Putri,
Dr. Kokom Komariah, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian dirancang untuk mengetahui Profil Usaha Jajan Pasar dilihat dari: (1) Jenis-
jenis produk (2) Pendapatan (3)Keterserapan Tenaga Kerja di Pasar Bantengan. Penelitian ini
merupakan penelitian Survei. Subjek penelitian adalah pelaku usaha penjualan jajanan pasar di Pasar
Bantengan. Objek penelitiannya adalah profil usaha jajanan pasar dalam aspek jenis produk,
pendapatan, dan keterserapan tenaga kerja di Pasar Bantengan. Analisa data secara deskriptif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) Ada 104 jenis produk jajanan pasar yang dijual pengusaha. Produk yang dijual meliputi,
41% kue tradisional , 29% cake dan roti , 30% jenis produk inovasi. Berdasarkan teknik olah dan
bahan dasarnya, ada 31% jenis produk yang dikukus serta 38% produk berbahan dasar Tepung terigu.
(2) Usaha jajanan pasar menyerap tenaga kerja sebanyak 10 orang dalam 4 outlet. 79% Tenaga kerja
terserap adalah anggota keluarga perempuan dalam usia produktif. (3) Pendapatan kotor sebulan
sebesar Rp 8.574.000- Rp 17.079.000. Pendapatan bersih dalam sebulan sebesar Rp 6.324.000 12.604.000.

Maka total keuntungan yang didapatkan dalam sebulan rata- rata 74% dari total
pendapatan kotor.
Kata Kunci: Profil Usaha, Jenis Produk, Pendapatan, Keterserapan Tenaga Kerja.
Abstract
The purpose of this research is designed to find out: 1) the types of products (2) income (3)
absorption of Labor in the Bantengan Traditional Market. This research is a survey research. The
subject is businessman of hawker markets in Bantengan Traditional Market. The object of research is
the business profile in the aspect of product type, income, and absorption of labor in the Bantengan
Traditional Market. Data analysis using descriptive analysis with the techniques of data collection,
observation, interview and documentation. The results of the study are as follows: (1) there are 104
types of hawker markets sold by entrepreneurs in the Bantengan Traditional Market. Products sold
include, 41% type of traditional cakes, 29% type of modern cake and bread, 30% type of new product
innovation. Based on techniques of processing and material base, there are 31% product type are
steamed as well as 38% of products made from wheat flour. (2)The business of hawker markets absorb
labor as many as 10 people in 4 outlets. 65% of labor absorbed is a member of the family, including
women in productive age. (3)A gross profit in a month of Rp 8,574,000 to Rp 17,079,000. Net income
in a month of Rp 6,324,000 to 12,604,000. Then the total profit taken in a month on average is 74% of
total gross income.
Keyword : Bussines profile of hawker market, Type of product, Income, Absorbtion of labor


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2014).”Indikator

Tingkat Hidup, Pekerja, Karyawan DIY

Agustus 2012-2013. Yogyakarta: Bps”

Badan Pusat Statistik. (2015). ”Kota

Yogyakarta Dlam Angka, In

Figures:2014”.Yogyakrta: BPS

Emzir. (2012). “Metode Penelitian Kualitatif

Data”. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Hasan Alwi. (2000).“Bahasa Baku

Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka.

Husein. (2011). “Riset Sumberdaya Manusia

dalam Organisasi”. Jakarta: Gramedia

Pustaka.”

Profil Usaha Jajanan... (Bastiana Salendra Putri)9

Jafar Hafsah M. (2004).“Upaya

Pengembangan Usaha Kecil Menengah

(UKM).” Jurnal Infokop (No 25 Edisi

xx) Hal.43.

Liliyana. (2005). ”Kreasi Baru Jajan Pasar”.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nur Fitri Astuti. (2005).“Profil Tenaga Kerja

Sentra Industri Tahu Gunung Sarean

Kidul, Srandakan, Bantul”. Skripsi,

tidak dipublikasikan: Universitas

Negeri Yogyakarta.

Rinto Habsari. (2010).“Management Tenaga

Kerja Indonesia”.Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Sarbini Sumawa. (2009).“Ekonomi

Kerakyatan Usaha Mikro, Usaha Kecil

Menengah”. Jakarta: Universitas

Trisakti.

Siswanto Sastro H. (2004).“Management

Tenaga Kerja Indonesia”.Jakarta: PT.

Bumi Angkasa

Siti Nurimah. (2007). “ProfilIndustri Rumah

Tangga Tradisional Makanan

Tradisional Pothil di Krasak,

Kabupaten Magelang”. Skripsi, tidak

dipublikaksikan. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Soekartiwi. (2003).”Teori Ekonomi

Produksi”. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Theodorus M. (2000).”Teori Akuntansi

Usaha”. Jakarta: Fakultas Ekonomi

Universitas Indonesia

Umar Tirtarahardja. (2005). “Pengantar

Pendidikan edisi revisi”. Jakarta:

Rineka Cipta

Wulan Ayodya. (2009).”Mengrnal Usaha

Kue-Kue Basah”.Jakarta: Erlangga

Group

Yasa Boga. (2007). “Menu Praktis Jajanan

Pasar”. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama

Yuyun Alamsyah. (2006). “Warisan Kuliner

Indonesia:Kue Basah dan Jajanan

Pasar”. Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1