PROFIL USAHA JAJANAN PASAR DALAM JENIS PRODUK, PENDAPATAN, KETERSERAPAN TENAGA KERJA DI PASAR BANTENGAN
Dr. Kokom Komariah, , Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian dirancang untuk mengetahui Profil Usaha Jajan Pasar dilihat dari: (1) Jenis-
jenis produk (2) Pendapatan (3)Keterserapan Tenaga Kerja di Pasar Bantengan. Penelitian ini
merupakan penelitian Survei. Subjek penelitian adalah pelaku usaha penjualan jajanan pasar di Pasar
Bantengan. Objek penelitiannya adalah profil usaha jajanan pasar dalam aspek jenis produk,
pendapatan, dan keterserapan tenaga kerja di Pasar Bantengan. Analisa data secara deskriptif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) Ada 104 jenis produk jajanan pasar yang dijual pengusaha. Produk yang dijual meliputi,
41% kue tradisional , 29% cake dan roti , 30% jenis produk inovasi. Berdasarkan teknik olah dan
bahan dasarnya, ada 31% jenis produk yang dikukus serta 38% produk berbahan dasar Tepung terigu.
(2) Usaha jajanan pasar menyerap tenaga kerja sebanyak 10 orang dalam 4 outlet. 79% Tenaga kerja
terserap adalah anggota keluarga perempuan dalam usia produktif. (3) Pendapatan kotor sebulan
sebesar Rp 8.574.000- Rp 17.079.000. Pendapatan bersih dalam sebulan sebesar Rp 6.324.000 12.604.000.
Maka total keuntungan yang didapatkan dalam sebulan rata- rata 74% dari total
pendapatan kotor.
Kata Kunci: Profil Usaha, Jenis Produk, Pendapatan, Keterserapan Tenaga Kerja.
Abstract
The purpose of this research is designed to find out: 1) the types of products (2) income (3)
absorption of Labor in the Bantengan Traditional Market. This research is a survey research. The
subject is businessman of hawker markets in Bantengan Traditional Market. The object of research is
the business profile in the aspect of product type, income, and absorption of labor in the Bantengan
Traditional Market. Data analysis using descriptive analysis with the techniques of data collection,
observation, interview and documentation. The results of the study are as follows: (1) there are 104
types of hawker markets sold by entrepreneurs in the Bantengan Traditional Market. Products sold
include, 41% type of traditional cakes, 29% type of modern cake and bread, 30% type of new product
innovation. Based on techniques of processing and material base, there are 31% product type are
steamed as well as 38% of products made from wheat flour. (2)The business of hawker markets absorb
labor as many as 10 people in 4 outlets. 65% of labor absorbed is a member of the family, including
women in productive age. (3)A gross profit in a month of Rp 8,574,000 to Rp 17,079,000. Net income
in a month of Rp 6,324,000 to 12,604,000. Then the total profit taken in a month on average is 74% of
total gross income.
Keyword : Bussines profile of hawker market, Type of product, Income, Absorbtion of labor
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2014).”Indikator
Tingkat Hidup, Pekerja, Karyawan DIY
Agustus 2012-2013. Yogyakarta: Bps”
Badan Pusat Statistik. (2015). ”Kota
Yogyakarta Dlam Angka, In
Figures:2014”.Yogyakrta: BPS
Emzir. (2012). “Metode Penelitian Kualitatif
Data”. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Hasan Alwi. (2000).“Bahasa Baku
Indonesia”. Jakarta: Balai Pustaka.
Husein. (2011). “Riset Sumberdaya Manusia
dalam Organisasi”. Jakarta: Gramedia
Pustaka.”
Profil Usaha Jajanan... (Bastiana Salendra Putri)9
Jafar Hafsah M. (2004).“Upaya
Pengembangan Usaha Kecil Menengah
(UKM).” Jurnal Infokop (No 25 Edisi
xx) Hal.43.
Liliyana. (2005). ”Kreasi Baru Jajan Pasar”.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nur Fitri Astuti. (2005).“Profil Tenaga Kerja
Sentra Industri Tahu Gunung Sarean
Kidul, Srandakan, Bantul”. Skripsi,
tidak dipublikasikan: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Rinto Habsari. (2010).“Management Tenaga
Kerja Indonesia”.Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Sarbini Sumawa. (2009).“Ekonomi
Kerakyatan Usaha Mikro, Usaha Kecil
Menengah”. Jakarta: Universitas
Trisakti.
Siswanto Sastro H. (2004).“Management
Tenaga Kerja Indonesia”.Jakarta: PT.
Bumi Angkasa
Siti Nurimah. (2007). “ProfilIndustri Rumah
Tangga Tradisional Makanan
Tradisional Pothil di Krasak,
Kabupaten Magelang”. Skripsi, tidak
dipublikaksikan. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Soekartiwi. (2003).”Teori Ekonomi
Produksi”. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Theodorus M. (2000).”Teori Akuntansi
Usaha”. Jakarta: Fakultas Ekonomi
Universitas Indonesia
Umar Tirtarahardja. (2005). “Pengantar
Pendidikan edisi revisi”. Jakarta:
Rineka Cipta
Wulan Ayodya. (2009).”Mengrnal Usaha
Kue-Kue Basah”.Jakarta: Erlangga
Group
Yasa Boga. (2007). “Menu Praktis Jajanan
Pasar”. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama
Yuyun Alamsyah. (2006). “Warisan Kuliner
Indonesia:Kue Basah dan Jajanan
Pasar”. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1