TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINUMAN KOPI DI CS KOPI TUBRUK SURAKARTA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINUMAN KOPI DI CS KOPI TUBRUK SURAKARTA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA MINUMAN KOPI DI CS KOPI TUBRUK SURAKARTA
Dr. Mutiara Nugraheni,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)tingkat kepuasan konsumen pada produk kopi (2)
tingkat kepuasan konsumen pada harga yang ditawarkan (3) tingkat kepuasan konsumen pada tempat
(4) tingkat kepuasan konsumen pada promosi (5) tingkat kepuasan konsumen pada karyawan (6)tingkat kepuasan konsumen pada fasilits tambahan (7) tingkat kepuasan konsumen pada proses.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Agustus 2016 di CS Kopi Tubruk Surakarta .
Populasi penelitian adalah 120 responden. Penelitian ini menggunakan incidental sampling.
Perhitungan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Jumlah
sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis tingkat
kesesuaian. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1)Tingkat kepuasan konsumen pada produk belum
puas (2) Tingkat kepuasan konsumen pada harga belum puas (3) Tingkat kepuasan konsumen pada
tempat belum puas (4) Tingkat kepuasan konsumen pada promosi belum puas (5) Tingkat kepuasan
konsumen pada karyawan belum puas (6) Tingkat kepuasan konsumen pada fasilitas tambahan belum
puas (7) Tingkat kepuasan konsumen pada proses belum puas.
Kata Kunci :Kepuasan Konsumen, Minuman Kopi, Deskriptif Kuantitatif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)tingkat kepuasan konsumen pada produk kopi (2)
tingkat kepuasan konsumen pada harga yang ditawarkan (3) tingkat kepuasan konsumen pada tempat
(4) tingkat kepuasan konsumen pada promosi (5) tingkat kepuasan konsumen pada karyawan (6)tingkat kepuasan konsumen pada fasilits tambahan (7) tingkat kepuasan konsumen pada proses.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Agustus 2016 di CS Kopi Tubruk Surakarta .
Populasi penelitian adalah 120 responden. Penelitian ini menggunakan incidental sampling.
Perhitungan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Jumlah
sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis tingkat
kesesuaian. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1)Tingkat kepuasan konsumen pada produk belum
puas (2) Tingkat kepuasan konsumen pada harga belum puas (3) Tingkat kepuasan konsumen pada
tempat belum puas (4) Tingkat kepuasan konsumen pada promosi belum puas (5) Tingkat kepuasan
konsumen pada karyawan belum puas (6) Tingkat kepuasan konsumen pada fasilitas tambahan belum
puas (7) Tingkat kepuasan konsumen pada proses belum puas.
Kata Kunci :Kepuasan Konsumen, Minuman Kopi, Deskriptif Kuantitatif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)tingkat kepuasan konsumen pada produk kopi (2)
tingkat kepuasan konsumen pada harga yang ditawarkan (3) tingkat kepuasan konsumen pada tempat
(4) tingkat kepuasan konsumen pada promosi (5) tingkat kepuasan konsumen pada karyawan (6)tingkat kepuasan konsumen pada fasilits tambahan (7) tingkat kepuasan konsumen pada proses.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2015 – Agustus 2016 di CS Kopi Tubruk Surakarta .
Populasi penelitian adalah 120 responden. Penelitian ini menggunakan incidental sampling.
Perhitungan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Jumlah
sampel penelitian sebanyak 89 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis tingkat
kesesuaian. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1)Tingkat kepuasan konsumen pada produk belum
puas (2) Tingkat kepuasan konsumen pada harga belum puas (3) Tingkat kepuasan konsumen pada
tempat belum puas (4) Tingkat kepuasan konsumen pada promosi belum puas (5) Tingkat kepuasan
konsumen pada karyawan belum puas (6) Tingkat kepuasan konsumen pada fasilitas tambahan belum
puas (7) Tingkat kepuasan konsumen pada proses belum puas.
Kata Kunci :Kepuasan Konsumen, Minuman Kopi, Deskriptif Kuantitatif
The purpose of this research was to determine (1) Level of customer satisfaction of coffee products
(2) Level of customer satisfaction of price offered (3)Level of customer satisfaction of place (4) Level
of customer satisfaction of promotion (5) Level of customer satisfaction of people (6) Level of
customer satisfaction of physical evident (7) Level of customer satisfaction of process. This research
conducted at CS Kopi Tubruk Jl. Mendungan, Kleco, Surakarta in December 2015 until Agustus 2016.
Population of research is consumers who visit the CS Kopi Tubruk Surakarta as much as 120 per day.
Calculating of the sample using tables Isaac and Michael with a signification level 5%. The sample
ware done by incidental sampling and samples are 89 respondens. Data analysis was performed by
analysis of the level of suitability . Results show that (1) the level of customer satisfaction on products
at CS Kopi Tubruk counted as less satisfied. (2) the level of customer satisfaction on price at CS Kopi
Tubruk counted as less satisfied. (3) the level of customer satisfaction on place at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (4) the level of customer satisfaction on promotion at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (5) the level of customer satisfaction on people at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (6) the level of customer satisfaction on physical evident at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (7) the level of customer satisfaction on process at CS Kopi Tubruk counted as less
satisfied.
Keyword: customer satisfaction, coffee drinks, CS Kopi Tubruk
The purpose of this research was to determine (1) Level of customer satisfaction of coffee products
(2) Level of customer satisfaction of price offered (3)Level of customer satisfaction of place (4) Level
of customer satisfaction of promotion (5) Level of customer satisfaction of people (6) Level of
customer satisfaction of physical evident (7) Level of customer satisfaction of process. This research
conducted at CS Kopi Tubruk Jl. Mendungan, Kleco, Surakarta in December 2015 until Agustus 2016.
Population of research is consumers who visit the CS Kopi Tubruk Surakarta as much as 120 per day.
Calculating of the sample using tables Isaac and Michael with a signification level 5%. The sample
ware done by incidental sampling and samples are 89 respondens. Data analysis was performed by
analysis of the level of suitability . Results show that (1) the level of customer satisfaction on products
at CS Kopi Tubruk counted as less satisfied. (2) the level of customer satisfaction on price at CS Kopi
Tubruk counted as less satisfied. (3) the level of customer satisfaction on place at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (4) the level of customer satisfaction on promotion at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (5) the level of customer satisfaction on people at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (6) the level of customer satisfaction on physical evident at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (7) the level of customer satisfaction on process at CS Kopi Tubruk counted as less
satisfied.
Keyword: customer satisfaction, coffee drinks, CS Kopi Tubruk
The purpose of this research was to determine (1) Level of customer satisfaction of coffee products
(2) Level of customer satisfaction of price offered (3)Level of customer satisfaction of place (4) Level
of customer satisfaction of promotion (5) Level of customer satisfaction of people (6) Level of
customer satisfaction of physical evident (7) Level of customer satisfaction of process. This research
conducted at CS Kopi Tubruk Jl. Mendungan, Kleco, Surakarta in December 2015 until Agustus 2016.
Population of research is consumers who visit the CS Kopi Tubruk Surakarta as much as 120 per day.
Calculating of the sample using tables Isaac and Michael with a signification level 5%. The sample
ware done by incidental sampling and samples are 89 respondens. Data analysis was performed by
analysis of the level of suitability . Results show that (1) the level of customer satisfaction on products
at CS Kopi Tubruk counted as less satisfied. (2) the level of customer satisfaction on price at CS Kopi
Tubruk counted as less satisfied. (3) the level of customer satisfaction on place at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (4) the level of customer satisfaction on promotion at CS Kopi Tubruk
counted as less satisfied. (5) the level of customer satisfaction on people at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (6) the level of customer satisfaction on physical evident at CS Kopi Tubruk counted as
less satisfied. (7) the level of customer satisfaction on process at CS Kopi Tubruk counted as less
satisfied.
Keyword: customer satisfaction, coffee drinks, CS Kopi Tubruk
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. 2014.
Badan Pusat Statistik. 2014.
Badan Pusat Statistik. 2014.
StatistikPengeluaran Penduduk
Indoneisa: makanan dan non
makanan.www.bps.go.id . Diakses
tanggal 15 Desember 2015
StatistikPengeluaran Penduduk
Indoneisa: makanan dan non
makanan.www.bps.go.id . Diakses
tanggal 15 Desember 2015
StatistikPengeluaran Penduduk
Indoneisa: makanan dan non
makanan.www.bps.go.id . Diakses
tanggal 15 Desember 2015
Buchari Alma. (2000). Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Buchari Alma. (2000). Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Buchari Alma. (2000). Manajemen Pemasaran
dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan
Bidang Pendidikan & Teknik.
Yogyakarta:Uny Press
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan
Bidang Pendidikan & Teknik.
Yogyakarta:Uny Press
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan
Bidang Pendidikan & Teknik.
Yogyakarta:Uny Press
Iwan Riustina. (2008). Analisis Tingkat
Kepuasan Konsumen Restoran Rice
Bowl Bogor Serta Implikasinya
Terhadap Bauran
Pemasarn.FakultasPertanian: IPB
Iwan Riustina. (2008). Analisis Tingkat
Kepuasan Konsumen Restoran Rice
Bowl Bogor Serta Implikasinya
Terhadap Bauran
Pemasarn.FakultasPertanian: IPB
Iwan Riustina. (2008). Analisis Tingkat
Kepuasan Konsumen Restoran Rice
Bowl Bogor Serta Implikasinya
Terhadap Bauran
Pemasarn.FakultasPertanian: IPB
Philips Kotler . (2000). Marketing
Management.The Millinium
Edition.USA: Pretice Hall International
Inc
Philips Kotler . (2000). Marketing
Management.The Millinium
Edition.USA: Pretice Hall International
Inc
Philips Kotler . (2000). Marketing
Management.The Millinium
Edition.USA: Pretice Hall International
Inc
Philips Kotler dan Keller.KL (2009).
Marketing Management (12
Philips Kotler dan Keller.KL (2009).
Marketing Management (12
Philips Kotler dan Keller.KL (2009).
Marketing Management (12
th
th
th
ed.). New
Jesey : upper SaddleRiver
ed.). New
Jesey : upper SaddleRiver
ed.). New
Jesey : upper SaddleRiver
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis.
Yogyakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis.
Yogyakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis.
Yogyakarta: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif dan R&D. Yogyakarta:
Alfabeta
Sugiyono. (2013). Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif dan R&D. Yogyakarta:
Alfabeta
Sugiyono. (2013). Penelitian Kualitatif,
Kuantitatif dan R&D. Yogyakarta:
Alfabeta
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan
Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan
Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta
Supranto. (2001). Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan
Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta
Wendy Calvindo. (2011). Pengaruh Bauran
Pemasaran Teradap Minat Beli
Konsumen Pada Multi Konsep Restoran
Wendy Calvindo. (2011). Pengaruh Bauran
Pemasaran Teradap Minat Beli
Konsumen Pada Multi Konsep Restoran
Wendy Calvindo. (2011). Pengaruh Bauran
Pemasaran Teradap Minat Beli
Konsumen Pada Multi Konsep Restoran
Surabaya, halaman 227- 230.
Universitas Kristen Petra Surabaya
Surabaya, halaman 227- 230.
Universitas Kristen Petra Surabaya
Surabaya, halaman 227- 230.
Universitas Kristen Petra Surabaya
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i1.6755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1