PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN ADOBE FLASH CS6 KOMPETENSI MENGANALISIS HIDANGAN PASTA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA
Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan alat penilaian berbasis Adobe Flash CS6 untuk kompetensi dasar menganalisis hidangan dari pasta dengan menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 4 Yogyakarta
sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Validitas instrument dengan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Pengujian tingkat kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk dengan menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther melalui 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing (validasi ahli media dan ahli materi), dan
distribution dan (2) produk software Adobe Flash CS6 sebagai alat penilaian untuk kompetensi dasar menganalisis hidangan dari pasta, layak untuk diterapkan sebagai alat penilaian di SMK N 4 Yogyakarta.
Kata kunci: Pengembangan Media, Alat Penilaian Berbasis Adobe Flash CS6, Hidangan Dari
Pasta
Full Text:
PDFReferences
AH Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif
dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu
Madcoms.(2013). Mahir dalam 7 Hari:
Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi
Nana Sudjana. (2005). Penilaian Proses
Hasil Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosda Karya
Oemar Hamalik. (1994). Media Pendidikan.
(Cetakan ke-7). Bandung: PT Citra
Aditya Bakti.
Rahmat Basuki. (2012). Pengembangan
Instrumen Penilaian Portofolio Untuk
Mata Pelajaran Kimia Kelas X
Semester 2 SMA/MA: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Suharsimi Arikunto, & Jabar, Cepi
Safaruddin Abdul. (2008). Evaluasi
Program Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian
Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D, Bandung :Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1