HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONTINENTAL KELAS XI SMKN1 SEWON
Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. (2) prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. (3) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga mata pelajaran PM.Kontinental di SMKN 1 Sewon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, yang dilaksanakan pada bulan Januari-Juli
2016.Sampel yang digunakan 78 siswa dengan teknik propotionated random sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa 25,64% termasuk kategori rendah, 41,03% termasuk kategori sedang, 33,33% termasuk kategori tinggi. (2) prestasi belajar siswa 12,82% termasuk kategori tinggi, 52,56% termask kategori sedang dan 34,62% termasuk kategori rendah. (3) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar (X) dengan prestasi belajar (Y) di SMK N 1 Sewon. Berdasarkan hasil dari analisis bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 40,1%.
Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, makanan PM.Kontinental.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Ishak & Deni Darmawan. (2013).
Teknologi Pendidikan. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Asti Wahyuni. (2010). Pengaruh Motivasi
Belajar dan Metode Belajar Terhadap
Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas I
Jurusan Akuntansi SMK Pelita
Nusantara 1 Semarang. Skirpsi. UNY.
Devi Nur Aini. (2007). Hubungan Iklim
Pembelajaran Dengan Motivasi
Berprestasi Siswa Kelas XI Keahlian
Tata Boga SMK Se-daerah Istimewah
Yogyakarta. Skripsi. UNY.
Disdik. (2012). Permendikbud No 104 tahun
Diakses dari http://disdik.kaltim
prov. go.id. pada tanggal 15 maret 2015.
.
Robert C. Beck. (1990). Motivation Theories And
Principle. New Jersey: Prentice Hall,
Englewood.
Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Santrock, John. W. (2014). Education Psicology.
Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3183
Refbacks
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1