PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ZAT GIZI SUMBER TENAGA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PURWOREJO
Rizqie Auliana, M.Kes, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui tahapan pengembangan media video pembelajaran, (2) Mengetahui tingkat pemahaman media video, dan (3) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Gizi dengan materi pokok Zat Gizi Sumber Tenaga sebagai sumber belajar siswa kelas X jurusan jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang menggunakan prosedur 4D yaitu define, design, development, dan disseminate dengan subjek 30 siswa kelas X jasa boga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) Tahapan Pengembangan media video pembelajaran zat gizi sumber
tenaga dengan prosedur 4D yaitu define, design, development, dan disseminate, (2) Tingkat pemahaman sebesar 92,44% atau mudah dipahami, dan (3) Tingkat kelayakan dari aspek media 93,8%, aspek materi 100% dan aspek manfaat 96%, sedangkan kelayakan responden terhadap video pembelajaran secara keseluruhan sebesar 97,4% atau layak digunakan.
Kata kunci: video pembelajaran, zat gizi sumber tenaga
Full Text:
PDFReferences
Amini Nasoetion, Riyadi Hadi, dan Mudjajanto
Eddy Setyo. 1995. Dasar – Dasar Ilmu
Gizi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan
Dasar dan Menengah, Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan, Proyek
Peningkatan Pendidikan dan Kejuruan Non
Teknik II
Arief S. Sadiman. (dkk). (2012). Media
Pendidikan Pengertian, Pengembangan,
dan Pemanfaatan. Jakarta: PT.
Rajagrafindo Persada
Endang Mulyatiningsih. (2011). Riset Terapan.
Yogyakarta : UNY Press
Rizqie Auliana. (2001). Gizi & Pengolahan
Pangan. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
Puji Astuti dan Latifah. (2012). Pengembangan
Media Pembelajaran Dengan Multimedia
Interaktif Menggunakan Adobe Flash
Untuk Memfasiltasi Keampuan Pemecahan
Masalah Pada Pembelajaran Matematika
SMP Kelas VIII. Skripsi. Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta
Tri Widodo dan Antonius. (1995). Modifikasi Tes
Rumpang untuk Bahan Ajar MIPA. Skripsi.
Semarang : UNNES
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3174
Refbacks
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1