HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI TERHADAP GAYA HIDUP SEHAT SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SMKN 4 YOGYAKARTA
Dr. Mutiara Nugraheni, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengetahuan gizi siswa kelas X, (2)gaya hidup sehat siswa kelas X, (3)hubungan pengetahuan gizi terhadap gaya hidup sehat siswa kelas X Program Keahlian Tata Boga. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian dilakukan pada April 2015-Juni
2016. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Uji hipotesis menggunakan kolerasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1)pengetahuan gizi siswa kelas X pada kategori sangat baik sebesar 26,3%, baik sebesar 42,1%, kurang baik sebesar 12,6% dan sangat kurang sebesar 18,9%, (2)gaya hidup sehat siswa kelas X
pada kategori sangat baik sebesar 20,0%, baik sebesar 28,4%, kurang baik sebesar 34,4% dan sangat kurang sebesar 16,8%, (3) terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dan gaya hidup sehat siswa kelas X Program
Keahlian Tata Boga dengan nilai kolerasi 0,542: nilai signifikansi sebesar 0,000; dengan nilai r sebesar
29%.
Kata kunci : pengetahuan gizi, gaya hidup sehat
2
Full Text:
PDFReferences
Anne Ahira. (2010). Pengertian Pola Hidup
sehat. AnneAhira.con Content Team.
Diunduh pada tanggal 5 Januari 2015.
Bergin, David A. 2000. Educational
Psychology: Influence Classroom
Interest. University of Toledo: Lawrence
Elrbhaum Associate.Inc.
Depkes R.I. 2002. Gaya Hidup Sehat. Jakarta
Depkes R.I. 2003. Pedoman Umum Gizi
Seimbang. Jakarta.
Endang Mulyatiningsih. (2010). Metode
Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung: CV. Alfabeta.
Kementrian Kesehatan RI. (2011). Pedoman
pencegahan dan pengendalian infeksi di
rumah sakit dan fasilitas kesehatan
lainnya. Jakarta.
Mohammad ali dan Mohammad Asrori. (2005).
Psikologi remaja: perkembangan peserta
didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Rahma Sugihartati. (2010). Membaca, Gaya
Hidup Dan Kapitalisme Kajian Tentang
Reading For Pleasure Dari Prespektif
Cultural Studies. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.
Sukari, (2013). Perilaku Konsumtif Siswa SMA
Di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai
Budaya (BNPB).
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i4.3172
Refbacks
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1