PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIPATAN SERBET BERBASIS ADOBE FLASH PADA SISWA KELAS JASA BOGA SMK N 3 KLATEN
Sri Palupi, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Klaten, 2) mengetahui kelayakan media lipatan serbet (napkin folding) pada siswa kelas XI Jasa Boga di SMK N 3 Klaten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D dengan model pengembangan 4D dengan modifikasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) tahap pengembangan media
pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash dengan penilaian berdasarkan ahli media dan ahli materi berada pada kategori layak. 2) media pembelajaran lipatan serbet (napkin folding) siswa tiap aspek menggunakan analisis deskriptif adalah a) aspek pemprograman dengan skor 25,93% dalam kategori layak, b) aspek tampilan
media dengan skor 38,40% dalam kategori layak, c) aspek isi materi dengan skor 26,03% dalam kategori layak, d) aspek pembelajaran dengan skor 21,87%. Kata kunci: pengembangan media, Adobe Flash, lipatan serbet
Full Text:
PDFReferences
Adri dan Azhar. (2008). Pengembangan
Paket Multimedia Interaktif Sebagai
Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa.
http://elektronika.unp.ac.id/wp/content/u
ploads/2008//03/adrineldamakasemnas2
pdf. diakses tanggal 7 november
Chandra Wijaya. (2011). Efektivitas
Penggunaan Pembelajaran Mekanik
Teknik dengan Adobe Flash di SMK 1
Piri Yogyakarta. Skripsi: UNY
Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi
Pembelajaran Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Nugraheni Dinasari Haryono. (2015).
Pengembangan Multimedia Interaktif
Sebagai Media Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Materi Koperasi
Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri
Tegalpanggung Yogyakarta. Skripsi:
UNY
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Sunarto Soenaryo. (2004). Pengembangan
Multimedia Interaktif dalam
Pembelajaran Fisika Listrik. Jurnal
Edukasi Elektro, 1(1), 69-75.
Trianto. (2010). Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta:Putra Utama
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3171
Refbacks
Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1