PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA DENA UPAKARA WONOSOBO

Mulyani Puspitasari, , Indonesia
Titin Hera Widi H, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan memasak untuk siswa tunarungu di SLB Dena Upakara Wonosobo, (2) mengetahui hambatan guru, dan (3) mengetahui hambatan siswa. Penelitian deskriptif, dilaksanakan di SLB Dena Upakara Wonosobo. Responden 19 orang. Penelitian bulan Juli sampai dengan Februari 2016. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian: (1) aspek motivasi memiliki kategori tinggi 73,7% dan kategori cukup 26,3%, Aspek materi pembelajaran memiliki kategori baik 57,9% dan kategori cukup 42,1%, metode pembelajaran memiliki kategori baik 57,9% dan kategori cukup 42,1%, media memiliki kategori baik 73,7% dan kategori cukup 26,3%, sarana dan prasarana memiliki kategori baik 78,9% dan kategori cukup 21,1%, materi teori memiliki kategori baik 68,4%, kategori cukup 21,1% dan kategori kurang 10,5% dan materi praktik memiliki
kategori baik 63,2% dan kategori cukup 36,8%, (2) harus mengulang materi sampai jelas, keterbatasan media, minimnya sarana dan prasarana, terdapat siswa yg tidak menyimak, guru selalu membimbing siswa saat praktik, (3) ingatan kurang tajam, tingkat ketunarunguan berbeda, berdesakan
saat praktik, kesulitan dalam memasak.

Kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, keterampilan memasak dan siswa tunarungu.

 


Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: Rieneka

Cipta.

Heri Purwanto. (2013). Anak

Berkebutuhan Khusus. Hlm. 7-8.

Mohammad Efendi. (2006). Pengantar

Psikopedagogik Anak Berkelainan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Muhibbin Syah. (1997). Psikologi

Pendidikan dengan Pendekatan

Baru. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Permanarian Somad & Tati Herawati.

(1996). Ortopedagogik Anak

Tunarungu. Bandung: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Proyek Pendidikan Tenaga Guru.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1