EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KESEMPATAN KHUSUS DI SMK SAHID SURAKARTA

Siti Laeli Aisyah, , Indonesia
Dr. Endang Mulyatiningsih, , Indonesia

Abstract


ujuan penelitian (1) context: melihat kesesuaian materi dengan kurikulum yang digunakan, (2) input:  
melihat latar belakang guru,  motivasi belajar siswa, sarana dan prasarana, dan biaya, (3) process: perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian, (4) product: nilai akhir siswa. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1)
context: materi yang telah dipelajari sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan, (2) input: (a) latar
belakang pendidikan guru yang mengajar sesuai dengan  jurusan yang dimbil dengan tingkatan terakhir S1
Jurusan Pendidikan Teknik Boga, (b) motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran dikategorikan rendah dengan
persentase 40,3%, (c) sarana dan prasarana masih ada beberapa yang belum sesuai dengan standarnya, (d)
biaya  untuk melaksanakan praktik sebesar 150-300 ribu yang. (3) Process: pelaksanaan pembuatan RPP yang
sudah sesuai dengan silabus, pelaksanaan dilakukan dengan pemberian motivasi dan penilaian memberikan
tugas disekolah, melakukan remedial apabila nilai tidak mencapai KKM. (4) Product; hasil nilai akhir siswa
kelas XII Jasa Boga dikategorikan rendah dengan persentase  41,7%.
 
Kata Kunci: Evaluasi, CIPP, Nilai Akhir Siswa 

 

Research objectives (1) context: see the suitability of the material to the curriculum used, (2) input:
see the background of teacher, student learning motivation and infrastructure, and the cost, (3) process:
planning, implementation, and assessment, (4) product: the final value of the students. The results of this
research can be aware that (1) context: material that has been studied is in compliance with the curriculum
used, (2) input: (a) the educational background of teachers who teach the courses in accordance with the
dimbil with the last degree of Bachelor degree Majors Engineering education Boga, (b) motivation of students
in following lessons categorized by low percentages of 40.3%, (c) and infrastructure there are still some who
have not been in compliance with the standard, (d) the cost to implement the practices amounted to 150-300
thousand. (3) Process: implementation of the RPP already manufacture in accordance with the syllabus, the
implementation is done by administering motivation and assessment give a task in schools, did not reach the
value when remedial KKM. (4) the Product; the results of the final value of grade XII Foodservice categorized
low percentage of 41.7%.
 
Keywords:Evaluation, CIPP, Student’s final grade


Full Text:

PDF

References


Danim. (2000). Menjadi Peneliti Kualitatif.

Bandung: Alfabeta.

Endang Mulyatiningsih. (2011). Metode

penelitian terapan bidang pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Gagne & Briggs (1979). Principle of

Instructional Design, New York: Holt

Rinehart and Winston.

Ika, Silfeni, & Wiwik. (2016). Hubungan

Motivasi Dengan Hasil Belajar Mata

Pelajaran Boga Dasar Kelas X Jasa Boga

Di SMK Negeri 1 Painan.

JurnalPendidikan Vokasi, 1.

Permendiknas. (2008). Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional Nomor 40, Tahun

, tentang Standar Sarana dan

Prasarana Sekolah Menengah

Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan

(SMK/MAK).

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarata:. Rineka Cipta.

Wardiman Djojonegoro. (1998). Peningkatan

kualitas SDM melalui pendidikan dan

kebudayaan, Jakarta: Departeman

Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i5.13354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1