PENGARUH PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE TERHADAP SIKAP SISWA DI LABORATURIUM BOGA SMK SAHID SURAKARTA

Rahayu Setyorini, , Indonesia
Dr. Sugiyono Sugiyono, , Indonesia

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengetahuan personal hygiene siswa SMK
Sahid Surakarta, (2) Sikap siswa di laboraturium boga SMK Sahid Surakarta (3) Pengaruh
pengetahuan personal hygiene terhadap sikap siswa SMK Sahid Surakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian korelatif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode expost de facto. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa SMK Sahid Surakarta sebanyak 166 dengan sampel 60 siswa dari
kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data menggunakan  kuesioner dan analisis dilakukan dengan
analisis deskriptif, korelasi, product moment, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) aspek pengetahuan personal hygiene memikili kategori sangat tinggi dengan
skor rerata 21,6 berada pada interval 21.014<x≥28. (2) Aspek sikap siswa di laboraturium boga
memiliki katgori sangat tinggi dengan skor rerata 110.486 berada pada interval 97.545<x≥120.(3) ada
pengaruh pengetahuan yang signifikan dan positif terhadap sikap siswa di laboraturium boga SMK
Sahid Surakarta dengan hasil nilai F hitung(= 48,343) > F tabel (= 4,006) dengan signifikansi 5%
sehingga pengaruhnya signifikan dan R square (= 0.455) atau 45,5% pengaruhnya terhadap sikap
siswa. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh pengetahuan personal hygiene terhadap sikap siswa di
laboraturium boga SMK Sahid Surakarta berpengaruh positif dan signifikan

Kata kunci:  pengetahuan personal hygiene, sikap siswa

 

The objectives of this study were to determine: (1) personal hygiene knowledge of the
students at Sahid Vocational High School of Surakarta, (2) the attitudesof students in culinary
laboratory of Sahid Vocational High School of Surakarta, (3) the influence of personal hygiene
knowledge on the attitudes of students of Sahid Vocational High School of Surakarta. This research
was a correlative research with a quantitative approach using expost de facto method. The populations
in this study were the studentsof Sahid Vocational High School of Surakarta as  much 166 with a
sample of 60 students from class X and XI. The data collection techniques using questionnaires and
analysis carried out by descriptive analysis, korelation, product moment, and simple regression
analysis. The results indicated that: (1) aspects of personal hygiene knowledge were have categorized
as very high with an average score of 21.6 at 21,014 <x≥28. (2) The aspect of students attitudes in the
culinary laboratory was have categorized as very high with a mean score of 110,486 at intervals of
97,545 <x≥120. (3) There was a significant and positive influence on attitudes of the students in t he
culinary laboratoryof Sahid Vocational High School of Surakarta with the results of F count (=
48,343) > F table (= 4,006) with a significance of 5% and R square of 0.455 or 45,4% that the
influence on attitudes of the students. It can be concluded that the influence of personal hygiene
knowledge on the attitudes of students in the culinary laboratoryat Sahid Vocational High School of
Surakarta had a positive and significant effect.

Keywords: personal hygiene knowledge, attitudes of students


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap manusia teori

dan pengukuranya. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar Offset

Dani Sucipto, Cecep. (2014). Keselamatan

dan Kesehatan kerja. Yogyakarta:

Gosyen Publising

Endang Mulyatiningsih. Metode penelitian

terapan bidang pendidikan. Bandung:

Alfabeta

Endang Mulyatiningsih. IInventory

Laboraturium Jasa Boga Di SMK

Wilayah mawitan jawa Timur.Jurnal

Pendidikan Vokasi, 5, 42-47

Gerungan, W.A. (1998). Psikologi Sosial.

Bandung: Eresco

Hendrayadi. (2014). Conten Validity (Validitas

Isi). Terionline Personal Paper, 01, 1-2

Irchman. (1992). Ilmu Kesehatan masyarakat

ksehatan lingkungan sanitasi perkotaan

& pedesaan. Yogyakarta: Dian

Nusantara

Jusmin, Emilda. (2012). Pengaruh

Latarbelakang Keluarga, kegiatan

Praktik Di Unit produksi Sekolah, Dan

pelaksanaan Pembelajaran

Kewirausahaan terhadap Kesiapan

Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten

Tanah Bumbu. Jurnal pendidikan

Teknologi dan Kejuruan, 21, 53-55

Ratu Amilia Avianti & Gaguk Margono.

(2007). Pengembangan Skala Sikap

Diferensial Sematik Terhadap Fisika

Mahasiswa Jurusan Teknik mesin UNJ.

Jurnal Pendidikan Teknologi Dan

kejuruan, 3, 121-124

Sri Rejeki. (2015). Sanitasi Hygiene dan K3.

Bandung: Rekayasa Sains

Sugiono. (2012). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: ALFABETA

Sugiono. (2015). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: ALFABETA.

Sulasmi & Moerdiyanto. (2015). Pengaruh

Student company Terhadap Kompetensi

Kewirausahaan Siswa Sekolah menegah

Kejuruan DI Daerah Istimewa

Yogyakarta. Jurnal Pendidikan

Teknologi dan kejuruan, 3, 308-310

Suriasumantri, Jujung S. (1994). Ilmu dalam

preseptif. Jakarta: Yayasan Obor

Indonesia.

Tuti sumiati, Utami Budiwati, dan Achid

Syarif. (2013). Sanitasi, Hygiene Dan

Bidang Makanan 1. Kementrian

Pendidikan Dan kebudayaan:Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Wawan dan Dewi M. (2010) Teori dan

pengukurannya: pengetahuan sikap dan

perilaku manusia. Yogyakarta: Nuha

Medika

V. Wiratna Sujarwani. (2015) SPSS untuk

Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru

Press

Widayatun, Tri Rusmi. (1999). Ilmu Perilaku.

Perpustakaan Nasional RI: Katalog

dalam terbitan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i4.11626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1