HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR PUB TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII JASA BOGA SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN
Titin Hera Widi Handayani, M.Pd, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar mata pelajaran Pengelolaan Usaha
Boga (PUB); 2) kesiapan berwirausaha; 3) hubungan motivasi belajar mata PUB terhadap kesiapan
berwirausaha siswa kelas XII Jasa Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Penelitian ini merupakan
penelitian korelasional ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Jasa Boga SMK
Muhammadiyah 1 Moyudan sejumlah 51 siswa. Pengambilan sampel dengan proportional random
sampling sebanyak 44 responden. Pengumpulan data dengan angket. Analisis data menggunakan statistik
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar pada mata pelajaran PUB tinggi
(59,1%); 2) kesiapan berwirausaha siswa tinggi 52,3%); 3) uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel
motivasi belajar mata pelajaran PUB berhubungan positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha
sebesar 0,457 (sig 0,000). Nilai tersebut berarti 45,7% kesiapan berwirausaha berhubungan dengan motivasi
belajar mata pelajaran PUB.
Kata kunci : Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Boga, Kesiapan Berwirausaha Siswa
This research aims to determine: 1) the learning motivation of culinary business management; 2) the
students’ entrepreneurship readiness; 3) the relationship of learning motivation culinary business
management to the students’ entrepreneurship readiness in class XII Culinary Program at SMK
Muhammadiyah 1 Moyudan. This research was an ex post facto correlational research. The population of
the study were the students of XII Culinary Class of SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, which amounted to
51 students. The sample was taken by proportional random sampling which resulted 44 respondents. Data
collected by questionnaire. Data analysis used descriptive statistics. The results show that: 1) the learning
motivation in culinary management subjects is high (59.1%); 2) the students’ entrepreneurship readiness
is high 52,3%); 3) hypothesis test show that the variable of learning motivation of culinary business
management have positive and significant relationship to entrepreneurial readiness of 0.457 (sig 0,000).
The value is 45.7% readiness entrepreneurship related to learning motivation of culinary business
management.
Keywords: Learning Motivation, Culinary Bussiness Management Subjects, Students’ Entrepreneursip
Readiness
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2017).
Daryanto, Cahyono, A.D., & Widyaiswara.
(2013). Kewirausahaan. Yogyakarta:
Gava Media.
Dekdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor
, Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurbaya, S. (2012). Faktor-faktor yang
mempengaruhi kesiapan berwirausaha
siswa SMKN barabai kabupaten hulu
sungai tengah Kalimantan selatan. Jurnal
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.
, No. 2, Oktober 2012.
Sari, A. S. (2012). The entrepreneurial readiness
of the students of the food & beverage skill
competency in public vocational high
school. Journal of Vocational Education,
, 2, 154-16.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukardi. (2016). Metodologi penelitian
pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suryana. (2014). Kewirausahaan edisi 4. Jakarta:
Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i2.11575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1