TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN WAROENG SPESIAL SAMBAL “SS” KOTA YOGYAKARTA
Sutriyati Purwanti, M.Si, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan konsumen berdasarkan sarana
fisik (tangible), (2) keandalan (reliability), (3) cepat tanggap (responsiveness), (4) jaminan (assurance),
(5) simpati (empathy) di Waroeng Spesial Sambal “SS” kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Waroeng Spesial Sambal “SS” Kota
Yogyakarta. Waktu penelitian dimulai pada bulan Desember 2016 sampai Juli 2017. Populasi penelitian
adalah semua konsumen Waroeng Spesial Sambal “SS” Kota Yogyakarta dengan jumlah populasi 1080.
Sampel dihitung menggunakan rumus Slovin tingkat kepercayaan 10%, dengan jumlah sampel 100.
Penentuan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan
angket. Uji Validasi menggunakan validitas konstrak dan validitas isi dengan rumus korelasi Product
Moment. Hasil validasi dan Reabilitas dinyatakan reliabel (Alpha Cronbach Harapan 0.984 dan Alpha
Cronbach Kenyataan 0.956) Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif program SPSS v.16.
Kata kunci: Kepuasan Konsumen dan Pelayanan Waroeng Spesial Sambal “SS” Kota Yogyakarta
This research is aimed to find out: (1) consumers satisfaction level based on the tangible, (2)
reliability, (3) responsivness, (4) assurance, (5) empathy of Waroeng Spesial Sambal “SS”, Yogyakarta.
The type of this research is desciptive quantitative research. This research is conducted at Waroeng
Spesial Sambal “SS” Yogyakarta. The research was caried out on december 2016 until july 2017. The
population of this research is all consumers of Waroeng Spesial Sambal “SS” Yogyakarta which consist
of 1080 consumers. The sample was counted by using Slovin formula with 10 % of credibility. The
number of sample In this research is 100 consumer which were selected by using insidental sampling
technique. In this research, the researcher uses questionnaire to collect the data. Validation test uses
validity constract and validity content which correlation Product Moment formula. The result of
validation and reliability is reliable ( Alpha Cronbach Harapan 0.984 and Alpha Cronbach Kenyataan
0.956). The researcher uses descriptive analysis in SPSS v.16 program.
Keywords: consumers satisfaction and service of Waroeng Spesial Sambal “SS” Yogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Fandi Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa.
Yogyakarta : Andi Offset
Fandi Tjiptono. (2001). Wendy Clvindo.
(2011). Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Minat Beli Konsumen Pada
Multi Konsep Restoran 1914 Surabaya,
halaman 227 – 230. Universitas Kristen
Petra Surabaya
Philips Kotler. (2002). Manajemen
Pemasaran. New Jersey: A Simon &
Schuster Company
Philips Kotler & Kevin Keller.2009.
Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2.
Edisi 13. Alih Bahasa: Bob Sabran, MM.
Jakarta: Erlangga
Philips Kotler dan Keller.KL (2009).
Marketing Management (12
th
ed.). New
Jesey: Upper Saddle River
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Analisis
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis.
Yogyakarta : Alfabeta
Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat
Kepuasan Pelanggan, Jakarta : Rineka
Cipta
Tingkat Kepuasan Konsumen (Tria Vindyastuti)
Wika Rinawati. (2008). Kepuasan Konsumen
Terhadap Produk Dan Layanan Makanan
Restoran “Student Corner” Jurusan
Teknik Boga Dan Busana (PTBB)
Fakultas Teknik UNY. Jurnal JPTK.
Nomor 1. Hlm. 1-20
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i2.11570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1