PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN KOGNITIF MATA PELAJARAN TATA HIDANG KELAS XI JASA BOGA SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Tessa Afrisca Larasati, , Indonesia
Prihastuti Ekawatiningsih, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan tes kognitif dan mengetahui kualitas butir soal
Tes secara Kualitatif dan Kuantitatif pada Mata Pelajaran Tata Hidang. Jenis penelitian Research and Development
(R&D). Tahapan penelitian pengembangan di mulai bulan Desember 2016 sampai bulan Januari 2018. Model
pengembangan tes menggunakan 9 tahap yaitu menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes,
melakukan uji coba, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, merakit tes, melaksanakan tes, menafsirkan hasil tes.
Kualitas butir soal tes secara kualitatif ditelaah dengan kaidah materi, kaidah konstruksi dan kaidah bahasa.
Kualitas butir Instrumen Tes secara kuantitatif ditunjukkan dengan tingkat kesukaran butir soal didominasi mudah
yaitu sebesar 43%, daya pembeda soal didominasi dengan kategori baik sebesar 47%, instrumen tes yang valid
sebesar 80%, reliabilitas tes 0,83. Instrumen tes tata hidang yang valid dan reliabel terdiri dari 24 soal.
Kata kunci : Pengembangan Tes Tata Hidang

 

This research aims to know the development of cognitive Tests and Know the quality of test items
qualitatively and quantitatively on the subject of tata hidang. This research uses Research and
Development (R & D). Stages of development research from December 2016 to January 2018. The test
development model consists of 9 steps: composing test specifications, writing test questions, reviewing
tests, testing, analyzing items, improving tests, assembling tests, conducting tests, interpreting the test
results. The quality of test items is qualitatively reviewed with material rules, construction rules and
language rules. The quantitative quality of the Test Instrument is indicated by the difficulty level of the
predominantly easy question matter of 43%, the dominant matter of the dominated by the good category
is 47%, the valid test instrument is 80%, the test reliability is 0.83. A valid and reliable test instrument
instrument consists of 24 questions.
Keywords: Development of Tata Hidang Test


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2015). Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo

Persada

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta :

Mitra Cendekia Press

Djemari Mardapi. (2012). Pengukuran Penilaian

dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta :

Nuha Medika

Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode

Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.

Bandung : ALFABETA

Sridadi. (2002). Analisis Butir Soal Pilihan

Ganda. Jurnal FIK UNY. Hlm.26-33

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan,

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar - dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara

Suharsimi Arikunto. (2007). Manajemen

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto.(2013). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta:

Bumi Aksara

Suharsimi, Arikunto. (2009). Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta:

Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i2.11566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1