EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN KONTINENTAL DI SMKN 6 YOGYAKARTA

Deby Subiyantoro, , Indonesia
Titin Hera Widi Handayani, M.Pd, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pengolahan makanan kontinental di
SMKN 6 Yogyakarta dari segi: context: lokasi sekolah dan pembagian pembelajaran teori dengan praktik, input: latar
belakang guru pengampu, minat siswa, ketersediaan prasarana dan sarana, process: media, metode dan kesesuaian
materi dengan kurikulum 2013, product: hasil akhir nilai siswa semester 1 kelas XI Jasa Boga. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP (context, input, process, product). Analisis data menggunakan
analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui segi: context: lokasi sekolah kurang strategis, kurang jelasnya
pembagian pelajaran teori dengan praktik, input: latar pendidikan guru S1 jurusan PKK, minat siswa masuk kategori
tinggi dengan rerata 62,98, prasarana dan sarana sesuai standar hotel bintang 2, process: media dan metode yang
digunakan guru kategori tinggi yaitu 40,43% dan 34,04%, materi yang digunakan sesuai dengan kurikulum 2013 dan
product: hasil akhir nilai siswa kelas XI Jasa Boga kategori tuntas dengan perolehan rerata 82,3881.
 
Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Pengolahan Makanan Kontinental.

 

This study aims to evaluate the learning implementation of continental food processing in SMKN 6
Yogyakarta in terms of: context: the location of the school and the division of theory and practice learning, inputs:
the background of the teacher, the interest of the students, the availability of infrastructure and facilities, process:
media, method and conformity material with curriculum 2013, product: final result of the students of the 1st semester
of grade XI Culinary. This type of research is an evaluation research with CIPP model (context, input, process,
product). Data analysis used descriptive analysis. The result of this research were: the location of the school was
less strategic, the less obvious of the distribution of theoretical lessons and the practice one, inputs: undergraduate
teacher education background of PKK, student interest was in the high category with the average of 62.98, the
infrastructure and facilities were in accordance with  the standard of the 2 stars hotel, : medium and method used by
teacher were high categorised that is 40,43% and 34,04% respectively, material used was in accordance with
curriculum 2013 and product: final result average of student grade XI Culinary with complete category was
82,3881.

Keywords: Evaluation  of Learning, Continental Food Processing.




Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang Undang Republik

Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang

Sistem Pendidikan Nasional

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri

Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007,

tentang Standar Sarana dan Prasarana

Sekolah/Madrasah Pendidikan Umum

Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan.

(2015). Pengelolaan Makanan

Kontinental. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Kursus dan Pelatihan,

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia

Dini dan Pendidikan Masyarakat,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta:

Mitra Cendikia Press

Hujair AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Kaukaba

Kokom Komariah. (2011). Manajemen Dapur.

Yogyakarta: PTBB FT UNY

Mulyasa, E. (2015). Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya

Slameto.(2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk.(2015). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul

Jabar. (2014). Evaluasi Program

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi

Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada

Ulfa Damara Nurmalita. (2014). Evaluasi

Pelaksanaan Pembelajaran Mengolah

Makanan Kontinental Di SMK Negeri 3

Wonosari. Skripsi, tidak dipublikasikan

Universitas Negeri Yogyakarta

Wiji Suwarno. (2013). Dasar-Dasar Ilmu

Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1