SIFAT KEPEMIMPINAN YANG DIMILIKI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO
Dr. Kokom Komariah, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui sifat kepemimpinan yang dimiliki siswa kelas X SMK N 3
Purworejo, (2) mengetahui sifat kepemimpinan yang menonjol pada siswa kelas X SMK N 3 Purworejo, (3)
mengetahui keaktifan siswa kelas X dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Purworejo, (4) mengetahui
hubungan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sifat kepemimpinan. Metode penelitian deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Populasi sebanyak 290 siswa dengan sampel sebanyak 140 siswa
yang ditentukan dengan pengambilan sampel dari Isac dan Michael dengan teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data adalah dengan angket dan observasi. Waktu penelitian yaitu pada bulan Januari – Juli 2017.
Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sifat
kepemimpinan yang dimiliki siswa SMK Negeri 3 Purworejo dengan rata rata 118,86 masuk dalam kategori baik,
(2) sifat kepemimpinan yang paling menonjol adalah sifat kejujuran yaitu dengan ketercapaian 75,80%, diikuti sifat
ketegasan dengan ketercapaian 65,59%, diikuti sifat percaya diri dengan ketercapaian 64,52%, diikuti sifat
kemampuan bersosialisasi dengan ketercapaian 63,21% dan diakhiri sifat kecerdasan dengan ketercapaian 62,14%,
(3) keaktifan siswa kelas X dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Purworejo dengan rata-rata 15,19
masuk dalam ketegori baik, (4) ada hubungan antara keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dengan sifat
kepemimpinan secara signifikan berdasarkan harga r
hitung
3,856 > taraf signifikansi t
tabel
hitung
= 0,312 > harga r
1,960 serta sumbangan efektif sebesar 9,7%.
Kata kunci: Sifat Kepemimpinan, Ekstrakurikuler, SMK N 3 Purworejo
tabel
0,159 dan nilai taraf signifikansi t
Abstract
The purposes of this research are to (1) determine the nature of leadership that students have in class X of
SMK Negeri 3 Purworejo, (2) determine the prominent of the nature of leadership that students have in class X of
SMK Negeri 3 Purworejo, (3) determine the activity of class X students in extracurricular activities in SMK Negeri
3 Purworejo, (4) determine connection between activity in extracurricular and the nature of leadership. This
research is a descriptive quantitative research with survey approach. The populations of this research are 290
students and the samples of this research are 140 students determined using random sampling technique from Isac
and Michael. Techniques to collect the data in this research use questionnaire and documentation. The research is
conducted from January to July 2017. Data analysis is done using descriptive quantitative analysis and associative
analysis. The results of the study show (1) the nature of leadership that students have in class X of SMK Negeri 3
Purworejo with mean 118,86 is classified in good category, (2) the prominent of the characters of leadership that
students have in class X of SMK Negeri 3 Purworejo are honesty with achievement percentage 75,80%, assertive
with achievement percentage 65,59%, self confidence with achievement percentage 64,52%, social with
achievement percentage 62,14%, and intelligence with achievement percentage 63,21%, (3) the activity of class X
students in extracurricular activities in SMK Negeri 3 Purworejo with mean 15,19 is classified in good category,
(4) the connection between activity in extracurricular and the nature significantly positive based on r
= 0,312
> r
table
0,159 and significant t
count
3,856 > t
1,960 and the contribution of 9,7%.
Keywords: The Nature of Leadership, Extracurricular, SMK N 3 Purworejo
Full Text:
PDFReferences
Agus Wibowo. (2013). Manajemen Pendidikan
Karakter Di Sekolah (Konsep dan Praktik
Implementasi). Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Anita Lie. (2003). 1001 Cara Menumbuhkan
Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Dwi Sapitri Iriani dan Soeharto. (2015). Evaluasi
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa
Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK N 3
Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknologi
dan Kejuruan. 22 (III). Hlm. 274-290.
Hamzah B. Uno, (2006). Orientasi Baru Dalam
Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi
Aksara.
Harbani Pasolong. (2013). Kepemimpinan
Birokrasi. Bandung: Alfabeta.
Kartini Kartono. (2010). Pemimpin dan
Kepemimpinan. Jakarta : PT.Raja Grafindo
Persada.
Kun Maryati & Juju Suryawati. (2007). Sosiologi
untuk SMA dan MA Kelas X KTSP Standar
Isi 2006. Jakarta: Erlangga.
Sifat Kepemimpinan Yang .... (Yudi Setiyo)
Margono S. (2003). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Nanjundeswaraswamy T. S. & Swamy D. R.
(2014). Leadership Styles. Advances In
Management Journal. 7 (II). Hlm. 57-62.
Ngalim Purwanto. (2008). Administrasi dan
Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Northouse, Peter G. (2016). Leadership : Theory
and Practice, 6
th
edition (Kepemimpinan:
Teori dan Praktik,Edisi Keenam).
Penerjemah : Dr. Ati Cahayani. Jakarta :
Indeks.
Oemar Hamalik. (2001). Pengembangan SDM
Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan
Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi
Aksara.
Republik Indonesia. (2004). Himpunan Peraturan
Perundang-undangan Republik Indonesia
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Jakarta: CV Eko Jaya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen.
Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, A.R. & Damaianti, V.S. (2011).
Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaiful Sagala. (2010). Konsep dan Makna
pembelajaran. Alfabeta : Bandung.
T. Hani Handoko. (2001). Manajemen : Edisi 2.
Yogyakarta: BPFE.
Waskito, A. A. (2016). Kamus Bahasa Indonesia.
Jakarta: Wahyu Media.
Yukl, Gary. (2013). Leadership in Organizations,
Eighth Edition. New York: Prentice Hall
Publishing.
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i8.10219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1