POLA PENGASUHAN DAN HASIL BELAJAR PADA ANAK YANG DITINGGAL MERANTAU ORANG TUA

Wahyu Sinurattri, , Indonesia
Dr. Endang Mulyatiningsih, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pola pengasuhan pada anak yang ditinggal merantau (2)
Bimbingan belajar yang dilakukan pada anak yang ditinggal merantau (3) Hasil belajar pada anak yang
ditinggal merantau. Metode penelitian yaitu studi kasus. Penelitian dilakukan di Dukuh Nambuhan, Desa
Karangmulyo, Pati Jawa Tengah. Subyek penelitian adalah 2 orang tua tunggal, 1 orang tua pengganti dan
3 orang anak yang ditinggal merantau. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, perpanjangan
pengamatan serta meningkatkan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang
digunakan adalah pola asuh situasional. Bimbingan belajar dilakukan oleh guru les. Hasil belajar ketiga
anak dinyatakan sedang.

Kata kunci: pola asuh, studi kasus, deskriptif kualitatif

Abstract
This research aims to:  (1) Knowing the patterns of parenting on children (2) Knowing the tutoring on
children (3) Knowing learning outcomes on children who left behind to wander.This type of research is
qualitative, descriptive methods with case studies. This research was carried out from November 2016
until May 2017. The subject were two single parents, one surrogate parent  and 3 children who left to
wander. This research used interview,observation and documentation methods. Credibility of the test
used triangulation and increase persistence research. Results of research: (1) Parenting style used by
single parents and surrogate parents on children left to wander, on the third subject of the triangulation
techniques and sources using situational parenting (2)Triangulation of results of techniques and source
at third child get tutoring completely by course (3) Learning outcomes on a scale of 1-4, the results of the
study were revealed.

Key word: parenting, case study, qualitative, descriptive




Full Text:

PDF

References


Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung:

Remaja Posdakarya

Kutha Ratna, Nyoman. (2010). Metodologi

Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu-Ilmu

Sosial Humaniora Pada Umumnya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Levine, Laura E. & Joyce Munsch. (2014). Child

Development: an active learning approach.

Canada: Sage Publications.

Lorentya Yulianti Kurnianingtyas & Mahendra Adhi

Nugroho.(2012). Implementasi Strategi

Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw

untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar

Akuntansi pada Siswa Kelas x Akuntansi 3

SMK Negeri Yogyakarta Tahun Ajaran

/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi

Indonesia (Vol. X, No.1). Hlm. 66-67.

Perayani. (2013). Skripsi dengan Judul

Pergeseran Tanggung Jawab Pengasuhan

Anak Dari Orangtua Ke Nenek. Fisipol,

Universitas Sriwijaya. .

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak.

Jakarta: Erlangga

Jurnal Pendidikan Teknik BogaTahun 2017

Sri Yona. (2006).

PenyusunanStudiKasus.JurnalKeperawatan

Indonesia (Volume 10, No. 2).Hlm. 76-80.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Tridhonanto, Al (2014). Mengembangkan Pola

Asuh Demokratis. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v6i7.10211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1