Peningkatan Ketrampilan Literasi Digital Peserta Didik Melalui Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas X Di SMA Negeri 1 Jatinom Klaten

faizal ali, Universitas Negeri Yogyakarta
Chandra Dewi Puspitasari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan google sites sebagai media pembelajaran terhadap ketrampilan literasi digital peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 1 Jatinom Kabupaten Klaten. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design melibatkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan total sampel 72 siswa yang dipilih melalui teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pemanfaatan google sites sebagai media pembelajaran terhadap literasi digital peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Amaliah, R. (2023). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Sekolah Dasar. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. APJII. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Dara, F. D., Landong, A., Rangkuti, Y. M., Sujarwo, Fadlan, M. N., & Sukmawarti. (2023). Media Pembelajaran. Jejak Pustaka.

Darvin, R. (2018). Global Perspectives on Language Education Policies (J. (Jodi) Crandall & K. M. Bailey (ed.); 1st Editio). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315108421

Ekosantoso, F., Cholik, M., Soeryando, & Arizal, H. (2025). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif google sites terhadap kemandirian belajar siswa teknik kendaraan ringan. 10(2), 1565–1572.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Harsanto, B. (2014). Inovasi Pembelajaran Diera Digital:Menggunakan Google Sites dan Media Sosial (S. Sonjaya (ed.); Asep Kurni). Undap Press.

Informatika, D. J. A. (2024). Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2021-2022. Satu Tada Komdigi. https://data.komdigi.go.id/opendata/dataset/indeks-literasi-digital-indonesia

Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 100–107. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33

Khadijah, D., Ahnaf, F. H., & Za’ada, A. C. (2024). Penerapan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Proceedings ofAnnual Conference of Education (ANCED), 277–283.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association, 1–16.

Laksono, S. D., Azwani, U. K. N., & R, M. F. (2023). Pengaruh Media Let’s Read Terhadap Kemampuan Literasi Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesai Siswa Kelas IV. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 833–842.

Lestari, S. (2015). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge(TPACK) Pada Guru Biologi Sma Dalam Materi Sistem Saraf. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12(1), 557–564.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Nasution, L. (2023). Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Membangun Civic Disposition Murid pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1, 109–113. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3188

Ningsih, P., & Bukit, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 97. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.36669

Odede, I., & Jiyane, G. (2019). Exploring dimensional constructs of digital literacy skills for higher education. Library Philosophy and Practice, 2019(September).

Odja, A. H., Waraga, S. S., & Abdjul, T. (2023). Development of Google Sites-Assisted Learning Devices on Vibrations and Waves Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6101–6110. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4275

Pribadi, B. A. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Kencana.

Putri, N. K., Yuberti, Y., & Hasanah, U. (2021). Inovasi Pembelajaran Diera Digital. In Physics and Science Education Journal (PSEJ) (Vol. 1). https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033

Roichanah, N. N., Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, Lusiana Eva Ningsih, W. N. A., & Lusiana, P. (2021). Penguatan Literasi Digital Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Denn Haag. Elementary School:Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 8, 228 – 236.

Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Hindu di Masa Pandemi Covid 19. Widyanatya, 3(1), 1–5.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i5.24690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link