Kendala Guru Pendidikan Pancasila dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Jenjang Sekolah Menengah Atas
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kesulitan guru dalam pengembangan perencanaan pembelajaran; (2) menganalisis faktor kesulitan yang dihadapi guru; (3) menemukan upaya guru dalam mengatasi kesulitan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Tempel dan SMA N 1 Seyegan dengan narasumber berjumlah dua guru Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) guru kesulitan memahami komponen modul ajar, penentuan capaian pembelajaran (CP), pemilihan metode dan media pembelajaran, dan kompetensi digital guru; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan yaitu kurangnya pelatihan dan sosialisasi, karakteristik siswa yang beragam, keterbatasan watu, dan keterbatasan sumber daya; (3) upaya yang dilakukan guru yaitu memahami komponen modul ajar secara mendalam, mengikuti pelatihan dan workshop, memanfaatkan sumber daya digital, dan berkolaborasi dan berdiskusi dengan rekan kerja.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i3.24424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.