Peran Pemberian Hukuman Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Muatan Pendidikan Kewarganegaraan Di SMA N 1 Pajangan
Puji Wulandari Kuncorowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pemberian Hukuman terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pajangan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah 532 peserta didik di SMA N 1 Pajangan dengan mengambil sampel penelitian sejumlah 223 peserta didik dari kelas XI, XII, dan XII. Teknik sampling jenuh diterapkan untuk memilih sampel penelitian, yang berarti seluruh anggota populasi dipilih sebagai sampel. Data penelitian diperoleh melalui pengisian angket yang mengukur Pemberian Hukuman dan Prokrastinasi Akademik Siswa. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) serta uji hipotesis, yang terdiri dari uji analisis regresi linear sederhana, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,765 yang menunjukkan adanya pengaruh Pemberian Hukuman terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta didik di SMA N 1 Pajangan sebesar 76,5%. Sementara itu, variabel yang tidak tercakup dalam penelitian ini adalah 23,5% yang sisanya dipengaruhi variabel lain di luar cakupan penelitian ini
Full Text:
PDFReferences
Bestari Laia. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate
Bestari L., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022).
Prokrastinasi akademik siswa SMA negeri di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas,
-168.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia
Mandiri
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan
solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
LATIFA, H. A. (2022). PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK PUNISHMENT DALAM
MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BELITANG
SUMATERA SELATAN (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Peramu, T. (2020). Teras Literasi. Syiah Kuala University Press.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 DanPenerapannya Di Indo
Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Suhadianto, S., & Pratitis, N. (2020). Eksplorasi faktor penyebab, dampak dan strategi untuk
penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi
Universitas Negeri Padang), 10(2), 204-223.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT Rineka Cipta
Yusvidha E ( 2017 ). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan
Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.