Hubungan minat belajar siswa dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas x SMA Negeri 1 Wonosari

Arjuna Ixsan Fajar Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 155 siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dan telah di uji validitas menggunakan korelasi Product Moment serta uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan  uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan teknik uji regresi linear sederhana, uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi. Rincian hasil penelitian : (1) adanya korelasi positif yang signifikan dan kuat antara (P5) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X; (2) Hasil uji parsial  menggunakan SPSS 25 menghasilkan Thitung (8.707) > t tabel (1,976); (3) Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, P5 berpengaruh terhadap minat belajar siswa sebesar 33,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 1 Wonosari.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to teach: Ninth Edition. New York: McGraw-Hill

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Piriana, P., Okta Susilawati, W. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV SDN 45/VI Lubuk Pungguk I . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3256–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (2020). Kajian pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24971

Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung. Media Sains Indonesia.

Quraisy, A, (2022). Normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3 (1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Rohmah, K., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2023). Pendidikan karakter melalui pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di jenjang SMK. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(6), 534-543. http://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73447

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, G., Damayanti , A., Murod , M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui literasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/42318

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal moral kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link