Hubungan minat belajar siswa dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas x SMA Negeri 1 Wonosari
Marzuki Marzuki, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 155 siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert dan telah di uji validitas menggunakan korelasi Product Moment serta uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan teknik uji regresi linear sederhana, uji parsial (uji t) dan uji koefisien determinasi. Rincian hasil penelitian : (1) adanya korelasi positif yang signifikan dan kuat antara (P5) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X; (2) Hasil uji parsial menggunakan SPSS 25 menghasilkan Thitung (8.707) > t tabel (1,976); (3) Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, P5 berpengaruh terhadap minat belajar siswa sebesar 33,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas X di SMA Negeri 1 Wonosari.
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2012). Learning to teach: Ninth Edition. New York: McGraw-Hill
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Piriana, P., Okta Susilawati, W. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV SDN 45/VI Lubuk Pungguk I . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3256–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (2020). Kajian pengembangan Profil Pelajar Pancasila edisi 1. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/24971
Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung. Media Sains Indonesia.
Quraisy, A, (2022). Normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3 (1), 7–11. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42
Rohmah, K., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2023). Pendidikan karakter melalui pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di jenjang SMK. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 7(6), 534-543. http://dx.doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73447
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, G., Damayanti , A., Murod , M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui literasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/42318
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal moral kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v14i1.23416
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.