Muatan kompetensi kewarganegaraan pada buku teks siswa Pendidikan Pancasila SMA kelas X Kurikulum Merdeka

Laela Fitriana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Setiati Widihastuti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan kompetensi kewarganegaraan, menganalisis frekuensi kemunculan komponen kompetensi kewarganegaraan, dan menganalisis penjabaran komponen kompetensi kewarganegaraan yang terdapat dalam Buku Teks Siswa Pendidikan Pancasila Kelas X. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten inferensial dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Buku Teks Siswa Pendidikan Pancasila Kelas X terbitan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2023.

References


Alanur, S. N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). Analisis profil pelajar pancasila dalam buku teks pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179–190. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787

Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan pendidikan kewaranegaraan sebagai upaya membelajarkan civic knowledge, civic skills, dan civic disposition di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 185–194. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/23764/11809

Armizah, A. (2020). Meningkatkan Civic Knowledge Siswa Melalui Model Pembelajaran Controversial Issues Di Kelas Ix A Mtsn 01 Kepahiang. Jurnal Literasiologi, 4(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i2.140

Bandur. (2019). Pendidikan Karakter Warga Negara : Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Penerbit Mitra Wacana Media.

Branson. (1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika ( dkk Syaripudin, Ed.). Lembaga Kajian Islam dan sosial (LKIS).

Chen, C.-C., Tang, C.-W., & Jin, K.-Y. (2024). Influences of internet access on civic knowledge measurement in Taiwan. Large-Scale Assessments in Education, 12(1), 20. https://doi.org/10.1186/s40536-024-00209-8

Cogan, J.J. (1999). Developing the Civic Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED.

Coopmans, M., van der Veen, I., & Daas, R. (2024). Critical-democratic citizenship in Dutch tertiary vocation education: Analyzing opportunities for growth. Cititizenship, Social and Economics Education, 22(3), 152-171. https://doi.org/10.1177/14788047231225376.

Feriandi, Y. A., & Harmawati, Y. (2018). Analisis penguasaan kompetensi kewarganegaraan pada mahasiswa PPKn Universitas PGRI Madiun. Jurnal Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 76-83. http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v1i2.13620.Howard J. & Major J. (2018). Guidelines for Designing Effective English Language Teaching Materials. Christchurch College of Education.

Hulu, J. R., & Bawamenewi, A. (2022). Strategi Guru Menanamkan Civic Skills Siswa Pada Pembelajaran PKn. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 263–270. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.36.

Ismail, F., Daeng Pawero, A. M., & Umar, M. (2021). Improving Educational Quality through Optimizing the Potential of Educational Institutions in Indonesia. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.36

Julaeha, E., Damanhuri, D., & Juwandi, R. (2021). Hubungan Antara Keaktifan Dalam OSIS dengan Sikap Kepemimpinan Siswa Sebagai Perwujudan Civic Disposition. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.115

Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z

Kusdarini, E., Sunarso, S., & Arpannudin, I. (2020). The implementation of pancasila education through field work learning model. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 359–369. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31412

Manalu, A., & Gandamana, A. (2023). Analisis kompetensi kewarganegaraan dalam kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada Tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(3), 10267-10285. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/447.

Manggo, T. S., & Ismaniati, C. (2018). Selecting Appropriate Instructional Media for Teaching Pendidikan

Pancasila dan Kewarganegaraan Subject to Students of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1140, 012040. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1140/1/012040

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. In Psikologi Pendidikan.

Marinkovic, S., Eric, M. (2017). The problem of value in a textbook. Elsevier, 128, 72-76. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.120.

McCabe, H. A., Hylton, M. E., Kooreman, H. E., Sarmiento Mellinger, M., & Day, A. (2017). Civic Literacy and Social Work Education: Results From a Multi-Site Study. Journal of Policy Practice, 16(1), 81–94. https://doi.org/10.1080/15588742.2015.1137852

Muleya, G. (2020). The Conceptual Challenges in the Conceptualisation of Civic Education Civic Education View project Social Justice and Diversity: Perspectives on Civic Education View project. https://www.researchgate.net/publication/332590871

Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal . Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218–225.

Muzaki, A. N., & Mutia, T. (2023). BUSPERAK: Menilik Kebaharuan Kurikulum Merdeka Melalui Pengembangan Bahan Ajar. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.18288

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1). https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nurlita, R. (2022). Analisis Konten Buku Teks Pendidikan Pancasila Kelas Vii Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Kecerdasan Warga Negara.

Putri, T. L. D., Adha, M. M., & Putri, D. S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Literasi Baca dan Kompetensi Kewarganegaraan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v3i1.1067.

Ravyansah, & Abdillah, F. (2021). Tracing “Profil Pelajar Pancasila” Within The Civic Education Textbook: Mapping Values For Adequacy. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(2), 96–105. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i2.5906.

Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.823.

Sujarwadi, A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Penerapan Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan Siswa.

Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian etnografi tentang budaya sekolah dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812.

Sumaryati, S., Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Memengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp1-12

Sunarso. (2024). Dinamika pendidikan kewarganegaraan di Indonesia. Disampaikan dalam Seminar Nasional Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka Jakarta.

Veugelers, W. (2021). A moral perspective on citizenship education and on IEA’s international civic and citizenship education studies. In B. Malak-Minkiewicz & J. Torney-Purta (Eds.) Influences of the IEA Civic and Citizenship Education Studies (Vol. 24, pp. 291-301). Springer.

Veugelers, W., & Groot, I. de. (2019). Theory and Practice of Citizenship Education. In W. Veugelers (Eds.), Education for Democratic Intercultural Citizenship (Vol. 15, pp. 14-41). Brill. http://www.jstor.org/stable/10.1163/j.ctvrxk389.6.

Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 184–191.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link