Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Etika Penggunaan Media Sosial TikTok Pada Peserta Didik SMK Muhammadiyah 1 Salam
Budi Mulyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., Adha, M. M., & Mentari, A. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Etika Bermedia Sosial Peserta Didik. Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 52–64. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1696
Amanullah, W. A., & Wantini, W. (2024). Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 43–55. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.4917
Aser, F. G., & Paramita, S. (2022). Fenomena Cyberbullying di Media Sosial TikTok. Kiwari, 1(3), 449–453. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/ki.v1i3.1576
Damayanti, A. P., & Prasetyawati, H. (2023). Pengaruh Terpaan Berita Hoax Dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Penyebaran Berita Hoax Di Media Sosial Tiktok. Inter Script: Journal of Creative Communication, 5(1).
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24002/konstelasi.v2i1.5272
Manuella, S., & Perdani SP, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(2). https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mutma, F. S. (2020). Deskripsi Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial pada Mahasiswa. Jurnal Common, 4(1). https://doi.org/10.34010/common.v4i1.217
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pardosi, B. Y. A., Manurung, L. M. R., & Firdarianti, R. (2021). Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer Dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Di Desa 3T. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021
Rafiq, A. (2019). Dampak Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33822/gk.v3i1.1704
Setiadi, Y. (2015). Implementasi kurikulum 2013 dalam pendidikan karakter peserta didik SMPIT Nurul Hikmah Matraman Jakarta Timur [Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2870
Stepani, D., Sihombing, D. N., & Nadira, J. A. (2023). Linguistik Forensik Ujaran Kebencian terhadap Artis Tiara Andini di Media Sosial Tiktok. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2337–2344. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2206
Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital untuk Meningkatkan Etika Berdigital bagi Pelajar di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203
We Are Social. (2024). Digital 2024: Your Ultimate Guide to the Evolving Digital World. In We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Widyatnyana, K. N., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2023). Analisis Jenis dan Makna Pragmatik Ujaran Kebencian di dalam Media Sosial Twitter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 68–78. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2216
Woodward, M. (2024, Mei 31). Tiktok User Statistics 2024: Everything You Need to Know. Search Logistic. https://www.searchlogistics.com/learn/statistics/tiktok-user-statistics/
Zahran, A. G., Fahmi, R. U., Alwi, & Mukaromah, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai Sarana Cyber Pornography. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(1). https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.381
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.