Kegiatan Pengajian Rutin Kelas di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Peserta Didik
Marzuki Marzuki,
Abstract
Kegiatan pengajian merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan untuk menguatkan karakter seseorang. SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman telah menetapkan kegiatan pengajian rutin kelas sebagai salah satu program kerja sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penguatan karakter kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman melalui kegiatan pengajian rutin kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dapat menguatkan karakter kewarganegaraan seperti toleransi, kesopanan, tanggung jawab, disiplin, dan berpikir kritis melalui kegiatan pengajian rutin kelas. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat faktor pendukung dan penghambat sehingga SMA Negeri 2 Ngaglik memiliki upaya untuk mengatasi atau meminimalisasi hambatan yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa SMA Negeri 2 Ngaglik menguatkan karakter kewarganegaraan dalam kegiatan pengajian rutin kelas melalui proses perencanaan dan pelaksanaannya.
Full Text:
PDFReferences
Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen pembinaan akhlak dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 017-025. http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22019p17
Branson, М. (1998). A forthcoming education policy tasn force position paper from the Communitarian Network. Center for Civic Education. https://www.civiced.org/papers/articles_role.html
Efendi, H., & Maksum, M. N. R. (2022). Efektivitas pengajian rutin terhadap peningkatan religiusitas siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(2) 239-250. https://doi.org/10.23917/iseedu.v6i2.22124
Fitriyani, N., & Muthali'in, A. (2023). Penguatan kompetensi civic disposition dalam membentuk sikap disiplin melalui kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Sawit. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(1), 35-43. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v13i1.15944
Ismi, F. (2023). Program keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di Mts Ma’arif Bebandem Karangasem Bali. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 1(3), 917-928. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/104
Istiqomah, A. (2017). Pembangunan Identitas Nasional Dalam konteks Masyarakat Multikultural Melalui Situs Kewarganegaraan Berbasis Agama. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973. https://eprints.uad.ac.id/9927/1/364-371%20Annisa%20Istiqomah.pdf
Kurniati, P., Putra, H. M., Pratomo, W., & Prakasa, A. (2022). Cara mudah belajar menulis jurnal menggunakan referensi otomatis Microsoft Word dan Zotero. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 43-53. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3131
Kusdarini, E., & Rinenggo, A. (2020, November). The preservation of Samin Community Local Wisdom in Indonesia. In ICSSED 2020: The Proceedings of the 4th International Conference of Social Science and Education, ICSSED 2020, August 4-5 2020, Yogyakarta, Indonesia (p. 194). European Alliance for Innovation. http://dx.doi.org/10.4108/eai.4-8-2020.2302413
Marzuki, M., & Haq, P. I. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter religius dan karakter kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 84-94. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21677
Marzuki, Zuchdi, D., Hajaroh, M., & Imtihan, N.(2019). Evaluasi implementasi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jurnal Kependidikan, 3(2), 276-290. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v3i2.25058
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 281-225. http://dx.doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007
Nafiah, M. L. I., Sopingi, S., & Raharjo, K. M. (2023). Kebutuhan belajar orang dewasa dalam meningkatkan ilmu keagamaan pada kegiatan Pengajian Ahad Pagi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(5), 432-442. https://doi.org/10.17977/um065v3i52023p432-442
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Nugrahani, R. N. (2023). Musyawarah mufakat dalam pemilihan ketua RT. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 1(1), 19-25. http://dx.doi.org/10.57235/jamparing.v1i1.954
Nurkomala, S. N., Salsabila, M., Ghifari, I., Salsabillah, H., Alfiyani, N., Raihan, A., & Syamsudin, D. (2024). Implementasi penguatan pendidikan karakter di SDN Sukamanah 01 melalui pengajian rutin. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 14-21. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.11445
Pangalila, T. (2017). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 91-103. https://www.neliti.com/publications/121771/peningkatan-civic-disposition-siswa-melalui-pembelajaran-pendidikan-kewarganegar
Prasetya, H. (2021). Upaya bela negara generasi Z berbasis pengembangan media sosial. Jurnal Kebangsaan, 1(2). https://doi.org/10.51170/jk.v1i2.222
Ramdani, I. T., Maya, R., & Sarifudin, A. (2023). Pengaruh pengajian rutin sekolah terhadap karakter religius siswa kelas XI jurusan teknik komputer dan jaringan di SMK Plus Qurrota A’yun Samarang Garut. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02), 429-446. https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4745
Rokhani, R. A., & Purnami, A. S. (2021). Manajemen mutu pelayanan pendidikan di sekolah kejuruan. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 69-80. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8563
Siburian, P. (2012). Penanaman dan implementasi nilai karakter tanggung jawab. Jurnal Generasi Kampus, 5(1), 85-102. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7215/6166
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukatin, S., Ma’ruf, A., Putri, D. M., Karomah, D. G., & Hania, I. (2021). Urgensi pendidikan karakter bagi remaja di era digital. Jurnal sosial dan sains, 1(9), 1-101. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i9.205
Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa secara online pada pelajaran animasi 2d melalui strategi komunikasi persuasif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9-15. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.143
Susanto, E. (2016). Pengaruh pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap pengembangan civic disposition siswa SMA N se-Kota Bandar Lampung. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 96-105. https://doi.org/10.36805/civics.v1i1.170
Thifa, T. A., Rohadatul, I., Putri, T., & Fatahillah, I. A. (2024). Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersamaan melalui program kemasyarakatan di Kampung Bebera Desa Tenjolaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 90-98. http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2389
Ulum, M. B. (2021). Sinergitas guru dan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di lembaga pendidikan madrasah ibtidaiyah Bustanul Ulum. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 65-77. https://doi.org/10.36835/au.v3i2.758
Winarno, W. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, strategi, dan penilaian. Bumi Aksara.
Wulandari, D., & Marzuki, M. (2019). Hubungan kompetensi guru PPKn dengan efektivitas pembentukan karakter disiplin pada peserta didik SMK Negeri se-kabupaten Kulon Progo. AGORA, 8(1), 45-56. https://journal.student.uny.ac.id/civics/article/view/14618/14191
Zhafirah, A. R., & Nurlaeli, A. (2024). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 846-858. https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1371
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i5.23025
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.