Penguatan Kecerdasan Kewarganegaraan sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Warga Negara di Era Digital

Vicha Zalfa Fadilla, , Indonesia
Yayuk Hidayah, , Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji penguatan kecerdasan kewarganegaraan sebagai strategi peningkatan kompetensi warga negara di era digital meliputi strategi, hambatan, upaya dan evaluasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pemeriksaan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan aplikasi Nvivo 12 dengan teknik induktif. Hasil penelitian menujukkan penguatan kecerdasan kewarganegaraan sebagai peningkatan kompetensi warga negara di era digital melalui penguatan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan sosial bagi peserta didiknya. Hambatan dihadapi yakni motivasi belajar kurang; peserta didik labil dan sensitif; kurang kesadaran beribadah; tertutup dan pengaruh lingkungan keluarga; serta komunikasi kurang. Upaya dilakukan yaitu disampaikan motivasi, tugas efisien, cara mengolah informasi, komunikasi orang tua; mengajarkan kontrol emosi dan dukungan orang tua pengawasan dan pengontrolan; diskusi mendalam terkait keagamaan dan kolaborasi guru dengan orang tua; serta menyadarkan sebagai makhluk sosial dan guru bagai role model bersosialisasi. Evaluasi membangun yakni tidak semua kecerdasan dimiliki individu; aspek lainnya perlunya dukungan orang tua menjadi cerdas berkarakter; pengawasan emosi anak ditingkatkan; menjadi panutan beribadah berkelanjutan; dan orang tua sebagai role model bersosialisasi di rumah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link