Persepsi minat belajar mata pelajaran PPKn berpengaruh dalam pembelajaran daring

Melinda Yulia, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Desain penelitian ini adalah penelitian asosiatif akusal dengan pendekatan kauntitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah menengah pertama Negeri 3 Pakem (SMPN 3 Pakem). Waktu penelitian ini akan dilaksanakan mulai bulan April 2021 sampai selesai. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Pakem sebanyak 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu siswa pada kelas VII A dan kelas VII D.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling pada penelitian ini umumnya dilakukan secara random. Analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik meliputi uji normalitas dan uji homogenitas kemudian uji analisisnya meliputi analisi regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Implementasi pembelajaran daring yang baik dan terstruktur dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan, sehingga meningkatkan minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Pakem.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link