Penguatan karakter nasionalisme pada siswa SMP Negeri 1 Srandakan
Suyato Suyato, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan upaya pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Srandakan melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya sekolah; 2) mendeskripsikan hambatan yang dialami dalam upaya pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Srandakan; 3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan yang dialami dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Srandakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) upaya pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 1 Srandakan telah dilakukan dengan berbagai cara melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, dan budaya sekolah dengan baik; 2) hambatan yang muncul dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa berasal dari siswa yang terpengaruh oleh lingkungan di luar sekolah dan dampak negatif gadget; 3) upaya dalam mengatasi hambatan pembentukan karakter nasionalisme siswa dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan wali siswa, penyusunan KOSP melibatkan banyak pihak yang terkait, dan pelarangan penggunaan gadget di sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. (2008). Nasionalisme-demokrasi-civil society. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Alwi, S. 1999. Nasionalisme ekonomi Indonesia dalam era kompetisi global economic. Journal of Emerging Markets, 4(1), 59-69. ISSN 1410-2641. Aqib, Zainal & Sujak. (2011). Panduan & aplikasi pendidikan karakter. Bandung: Yrama Widya. Asmani, J.M. (2011). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press. Budiyono, Kabul. (2007). Nilai-nilai kepribadian dan kejuangan bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta. Daryanto & Darminatun,S. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Cet-1. Yogyakarta: Gava Media. Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi-4. Jakarta: Gramedia. Faidz Mohd, Zain Mohd. (2011). Pengaruh nasionalisme melayu mewarnai budaya politik melayu dalam umno. Jurnal : Jurnal Melayu. Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Cet-1. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. Kurniasih,I & Sani,B. (2017). Pendidikan karakter: Internalisasi dan metode pembelajaran di sekolah. Kata Pena. Kusuma, Dharma. (2011). Pendidikan karakter kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Majid, Abdul & Dian Andayani. (2013). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maksudin. (2013). Pendidikan karakter non dikotomik. Yogyakarta: PT. Pusaka Pelajar. Moleong, L.J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muchtar, D. & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul : Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57. Muhaimin dkk. (2005). Strategi belajar mengajar (penerapan dalam pembelajaran pendidikan agama). Surabaya: Citra Media. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mustari, M. (2011). Nilai karakter. Yogyakarta. Laksbang Pressindo. Poerwadarminta, W.J.S. (2006). Kamus umum bahasa indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Rahmadi. (2011). Pengantar metodologi penelitian. Banjarmasin: Penerbit Antasari Press. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rosita. 2013. Hubungan pemahaman bela negara dengan nasionalisme siswa di SMP Negeri 03 Tambun Selatan Bekasi. Jurnal : Nation and Nationalism. Salim & Syahrum. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Citapustaka Media. Samani, M & Hariyanto. (2013). Pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: wawasan, strategis, dan langkah praktis. Jakarta: Erlangga. Subardhini, M. (2020). Modul matakuliah kajian anak. Bandung: STKSpress. Sudirman, A.M. (2003). Interaksi dan motivasi belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D, dan penelitian pendidikan). Bandung: CV. Alfabeta. Wiyani, Ardy. (2012). Save our children from school bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yusuf, A. Muri. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, & penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group. Zuriah, Nurul. (2007). Pendidikan moral dan budi pekerti dalam perspektif perubahan menggagas platform pendidikan budi pekerti secara kontekstual dan futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22407
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.