Hambatan dan Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Penanaman Karakter melalui Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul

Arwinda Narita Devi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eny Kusdarini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi guru Pendidikan Pancasila dalam penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian ditentukan dengan mengunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka, guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul menggunakan strategi berupa Keteladanan; Pembiasaan; Penanaman Nilai dengan Motivasi, Punishment, dan Reward; Pengkondisian Kelas; dan Integrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Terdapat pembelajaran proyek khusus dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila terkait penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka terbagi menjadi tiga tema, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Kewirausahaan. Terdapat hambatan dalam penanaman karakter disebabkan oleh tiga faktor, yaitu guru, peserta didik, dan orang tua. Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan pihak sekolah dalam menangani hambatan selama proses penanaman karakter, yaitu melakukan pelatihan dan pengembangan guru dan staf pendidikan, peningkatan pengawasan peserta didik, peningkatan peran dan dukungan orang tua, dan peningkatan fasilitas dan sarana prasarana

Full Text:

PDF

References


Agustin, N., dan Maryani, I. (2021). Peran guru dalam membentuk karakter siswa (antologi esai mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar). Yogyakarta: UAD Press. Ainurrofiq, M. (2021). Metode penanaman karakter religius. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam. 2(6), p.114. Doi: https://doi.org/10.61815/alibrah.v6i2.179 Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto.(2019). Analisis dampak pemberian reward dan punishment bagi siswa sd negeri kaliwiru semarang. Mimbar PGSD Undiksha.7(3), p.221-229. Doi: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393 Aprima, D., Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika sd. Cendekia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan. 1(13), p. 95. Doi: https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960 Arfiah, S., & Prasetya, A. (2017). Pembelajaran kepramukaan dalam penguatan karakter kemandirian dan tanggung jawab dalam upaya mempersiapkan mahasiswa ppkn sebagai pembina ekstrakurikuler di sekolah. Proceeding 6th University Research Colloquim 2017: Seri Pendidikan. Arnes, A., Muspardi, & Yusmanila. (2023). Analisis pemanfatan platform merdeka mengajar oleh guru ppkn untuk akselerasi implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(5). Doi : https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647 Fahira, N., & Ramadan, Z. H., (2021). Analisis penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 2(13), p. 649-660. Doi: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074 Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka. Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 2(7), p.170. Doi: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367 Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilainilai pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di sekolah dasar. JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 1(6), p.1-10. Doi: http://dx.doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10 Lutfi, C. A. (2023). Strategi guru agama islam dalam menanamkan karakter toleransi siswa kelas ix pada pembelajaran akidah akhlak di madrasah tsanawiyah al-amien ngasinan kota kediri. Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. [Thesis versi elektronik]. Maningsih, S. R. (2023). Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidkan agama islam di sd negeri 74 kota bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. [Thesis versi elektronik]. Mustari, M. (2014). Nilai karakter refleksi untuk pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan UNDIKSHA. 1(9), p.35. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31424 Raharjo. (2020). Analisis perkembangan kurikulum ppkn: dari rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresiif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan. 15(1), p.78. Doi: https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901 Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). Penguatan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran ipa untuk membentuk profil pelajar pancasila: studi literatur. Jurnal Muara Pendidikan. 1(8): 223-229. Doi: https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227 Sasmita, E. ., & Darmansyah, D. (2022). Analisis faktor-faktor penyebab kendala guru dalam menerapkan kurikulum merdeka (studi kasus: sdn 21 koto tuo, kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), p.5545–5549. Doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154 Suyuti, R. N. R. (2017). Pemberian reward dan punishment dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa (studi kasus pada siswa kelas xi ips 3 di man 2 model makassar). Jurnal Sosialiasi: Jurnal Pemikiran, Penelitian, dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan. 1(4), p.83. Doi : https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.3162 Syah, M. E., dan Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi Belajar. Bandung: Feniks Muda Sejahtera. Wiguna, I. K. W., Tristaningrat, M. A. N., (2022). Langkah mempercepat perkembangan kurikulum merdeka belajar. Edukasi Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1), p.24. Doi: http://dx.doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296 Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education. 6(1), p.131. Doi: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121 Yuliantika, L.R., Sudarmiani, & Widianti, N. A. (2024). Upaya peningkatan karakter kreatif peserta didik melalui forida di kelas v sdn oro oro ombo tahun 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2(9), p.3758. Doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14232 Yumni, A. (2019). Keteladanan nilai pendidikan islam yang teraplikasikan. Jurnal Nizhamiyah. 1(9), p. 3. Doi: http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i1.424 Zola, N., dan Mudjiran, M. (2020). Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(6), p. 92. Doi: https://doi.org/10.29210/120202701




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link