Hambatan dan Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Penanaman Karakter melalui Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul

Arwinda Narita Devi, , Indonesia
Eny Kusdarini, , Indonesia

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi guru Pendidikan Pancasila dalam penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul dengan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Subjek penelitian ditentukan dengan mengunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka, guru Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul menggunakan strategi berupa Keteladanan; Pembiasaan; Penanaman Nilai dengan Motivasi, Punishment, dan Reward; Pengkondisian Kelas; dan Integrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Terdapat pembelajaran proyek khusus dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila terkait penanaman karakter melalui Kurikulum Merdeka terbagi menjadi tiga tema, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Gaya Hidup Berkelanjutan, dan Kewirausahaan. Terdapat hambatan dalam penanaman karakter disebabkan oleh tiga faktor, yaitu guru, peserta didik, dan orang tua. Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Pancasila dan pihak sekolah dalam menangani hambatan selama proses penanaman karakter, yaitu melakukan pelatihan dan pengembangan guru dan staf pendidikan, peningkatan pengawasan peserta didik, peningkatan peran dan dukungan orang tua, dan peningkatan fasilitas dan sarana prasarana

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link