Peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik Generasi Z Pada Pemilu 2024 di MAN 3 Bantul: Studi Kasus Peserta didik Pesantren dan Non Pesantren

Mar’atus Sholikhah, , Indonesia
Nasiwan Nasiwan,

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik generasi Z di MAN 3 Bantul dalam perspektif peserta didik pesantren dan non pesantren. Data Dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses habituasi efikasi politik melalui kegiatan ekstrakulikuler, intrakulikuler, dan kerjasama dengan lembaga-lembaga politik. Adapun pendidikan politik berperan dalam pelajaran melalui enam pendekatan dan berbagai cara yaitu integrasi pendidikan Pancasila melalui pendekatan interaktif, melatih keterampilan analisis kritis, menghubungkan materi dengan isu-isu aktual, dan mengadakan kampanye pendidikan politik. Pendidikan politik di MAN 3 Bantul sudah berjalan dengan baik, namun perlu adanya inovasi yang relevan dengan kondisi peserta didik pesantren yang terkendala dalam pengadaan alat komunikasi. Adapun upaya dalam mengatasi kendala peserta didik yaitu dengan meningkatkan fasilitas dan sumber daya pendukung lingkungan madrasah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link