Peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik Generasi Z Pada Pemilu 2024 di MAN 3 Bantul: Studi Kasus Peserta didik Pesantren dan Non Pesantren
Nasiwan Nasiwan, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Politik Terhadap Partisipasi Politik generasi Z di MAN 3 Bantul dalam perspektif peserta didik pesantren dan non pesantren. Data Dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses habituasi efikasi politik melalui kegiatan ekstrakulikuler, intrakulikuler, dan kerjasama dengan lembaga-lembaga politik. Adapun pendidikan politik berperan dalam pelajaran melalui enam pendekatan dan berbagai cara yaitu integrasi pendidikan Pancasila melalui pendekatan interaktif, melatih keterampilan analisis kritis, menghubungkan materi dengan isu-isu aktual, dan mengadakan kampanye pendidikan politik. Pendidikan politik di MAN 3 Bantul sudah berjalan dengan baik, namun perlu adanya inovasi yang relevan dengan kondisi peserta didik pesantren yang terkendala dalam pengadaan alat komunikasi. Adapun upaya dalam mengatasi kendala peserta didik yaitu dengan meningkatkan fasilitas dan sumber daya pendukung lingkungan madrasah.
Full Text:
PDFReferences
Alfaruqy, M. Z. (2023). Political Efficacy and Political Engagement in College Students. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(2), 239-249. Bawaslu.go.id. (2023). “Bawaslu dan KPU Berkolaborasi dengan TikTok Indonesia Luncurkan Pusat Panduan Pemilu 2024”. Retrived From https://bawaslu.go.id/id/berita/bawaslu-dan-kpu-berkolaborasi-dengantiktok-indonesia-luncurkan-pusat-panduan-pemilu-2024. Beniman, B., Mursin, M., Ikbar, I., & LParisu, C. Z. (2022). Pemilih Pemula Dalam Pemilu 2024. Jurnal Sultra Elementary School, 3(2), 70-82. Budiardjo, Miriam. 2007. Dasar-dasar ilmu politik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Cholisin, 2004. Diklat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Yogyakarta. Cholisin, 2005. Pengembangan Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Dalam Praktik Pembelajaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Crick, B. (2002). Democracy: A very short introduction. Oxford University Press Inc. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2 Databoks. (2023). “KPU: Pemilih Pemilu 2024 Didominasi oleh Kelompok Gen Z dan Milenial” Retrived From https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/kpu-pemilih-pemilu-2024-didominasioleh-kelompok-gen-z-dan-milenial. Gaffar, J.M. Demokrasi dan Pemilu di Indonesia. Konstitusi Press, 2013. Kartono, Kartini. 2009. Pendidikan Politik: Sebagai Bagian Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Mandar Maju. Maran, R.R. (2007). Pengantar Sosiologi Politik. Rineka Cipta. Nasiwan. Pendidikan Politik Transformatif:Kado Satu Abad Kemerdekaan Indonesia. UNY Press, 2023. Simamora, I. Y., Nasution, A. A. M., Novita, D. D., Syahira, Z., Nazwa, W. S., & Siregar, R. A. (2024). Peran Generasi Z dalam Pemilu 2024 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5918-5922. Somantri, N. (1976). Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga. Teorell, J. (2006) Political participation and three teories of democracy: A research inventory and agenda. European Journal of Political Research, 45(5), 787-810 Undang-undang No 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22403
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.