Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Anak Kaum Marginal di Kabupaten Sleman (Studi Kasus Pendidikan Komunitas Sekolah Marjinal, DIY)

Dewi Safitri, , Indonesia
Nasiwan Nasiwan, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis peranan Komunitas Sekolah Marjinal (KSM) dalam pemenuhan hak pendidikan nonformal bagi anak kaum marginal; (2) Mengetahui upaya yang dilakukan komunitas dalam mendukung keberlanjutan pendidikan anak kaum marginal di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study) pada Komunitas Sekolah Marjinal (KSM) yang berlokasi di Kabupaten Sleman, DIY. Subjek penelitian ditetapkan menggunakan teknik purposive dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan analisis data model interaktif yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Komunitas Sekolah Marjinal mengambil peranan dalam pemenuhan hak pendidikan melalui strategi 4A (Availibility, Accesibility, Acceptability, Adaptability)  berupa penyediaan ruang pembelajaran dan pendidikan gratis melalui 3 sekolah, akomodasi biaya pendidikan bagi anak kaum marginal, Recruitment tenaga pendidik yang berperan sebagai guru melalui relawan mengajar, membentuk sistem pembelajaran nonformal yang diintegrasikan melalui kurikulum sesuai kebutuhan siswa, menyusun program khusus (Kelas Inspirasi dan Outing Class) untuk mendorong semangat anak kaum marginal, pembelajaran kolaboratif dengan sistem funlearning, serta sosialisasi pendidikan untuk menjangkau masyarakat sekitar. (2) Dalam upaya memberikan kesempatan pendidikan bagi anak-anak didik, Komunitas Sekolah Marjinal mendirikan sebuah program khusus bernama “Kembali ke Sekolah” untuk mengembalikan anak-anak didik menuju sekolah formal melalui tahapan pembekalan, persiapan administrasi, dan pembiayaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link