Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terhadap: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa SMA; (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa SMA; dan (3) Kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Jenis penelitian quasi-experimental dengan unit eksperimen meliputi kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas kontrol yang menerapkan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji Repeated Measures MANOVA melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji sferisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran Pendidikan Pancasila: (1) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,023 (< 0,05); (2) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,020 (< 0,05); dan (3) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Repeated Measures MANOVA di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi sebesar 0,048 (< 0,05).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.