Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terhadap: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa SMA; (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa SMA; dan (3) Kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Jenis penelitian quasi-experimental dengan unit eksperimen meliputi kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas kontrol yang menerapkan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dan uji Repeated Measures MANOVA melalui uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji sferisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran Pendidikan Pancasila: (1) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,023 (< 0,05); (2) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,020 (< 0,05); dan (3) Berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA. Berdasarkan hasil uji Repeated Measures MANOVA di kelas eksperimen, bahwa nilai signifikansi sebesar 0,048 (< 0,05).
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2476- 2482. DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800 AD, Olivia. Y., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12861-12866. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10636 Anggraini, P. D. & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299 Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Indonesia. In EProsiding Seminar Nasional Statistika| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran (Vol. 10, pp. 27-27). Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition. Deepublish. Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis Pengukuran Temperatr Udara Dengan Metode Observasi. GARDIMAS: Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-15. https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/582 Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 6(1), 1224-1238. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2846833 Kainama, L., Salhuteru, J., Rumahuru, O., Unitly, M., & Amanukuany, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian DIDAXEI, 4(1), 536-550. https://ejournal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/760 Magdalena, I., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis Instrumen Tes Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Pelajaran SBdP Siswa Kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. NUSANTARA, 3(2), 276-287. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1264 Mustafa, P. S. (2022). Statistika Inferensial meliputi Uji Beda dalam Pendidikan Jasmani: Sebuah Tinjauan. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 71-85. DOI: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4166 Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64. DOI: https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7 OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). (2023). Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 result (volume 1): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en Raichanah, N. & Najicha, F. U. (2023). Peran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Hoax. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 122-128. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9940 Saputra, A. & Ovan. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia Sari, I. D. M., Zuhri, M. S., & Rubowo, M. R. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLTV Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 391-400. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6548 Sueni, N. M. (2019). Metode, Model, dan Bentuk Model Pembelajaran (Tinjauan Pustaka). Wacana: Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 19(1). DOI: https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v19i1.35 Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Supriatna, Y. (2022). Peran Mara Pelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter untuk Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di SMP Sumatra 40 Bandung. Skripsi: Universitas Pasundan Bandung. https://repository.unpas.ac.id/60686/ Susanti, A. & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profi Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. Edubase: Journal of Basic Education, 4(2), 201-212. DOI: https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1027 Sutisna, I. (2021). Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. ARTIKEL, 1(4610). Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate analysis of variance (MANOVA) untuk memperkaya hasil penelitian pendidikan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37-53. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472 Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Penerbit Andi Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1) 50-62. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281 Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1489-1496. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557 Winataputra, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dan Muatan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15-36. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184 Zekri, Z., Ganefri, G., & Anwar, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 33-42. DOI: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i1.827
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.