Implementasi Pendidikan Ketarunaan Melalui Kultur Sekolah Sebagai Penguatan Karakter Integritas dan Mandiri Peserta Didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Oktaria Nur Wahyu Puspita, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharno Suharno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan implementasi pendidikan ketarunaan melalui kultur sekolah sebagai penguatan karakter integritas dan mandiri peserta didik di SMK Negeri 3 Yogyakarta, serta faktor pendukung, penghambat, dan upaya mengatasinya. Penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan ketarunaan melalui kultur sekolah menguatkan karakter integritas dengan materi penguatan karakter ketarunaan bersama stakeholders, tantangan menjaga teman, donasi siswa, memilah sampah, literasi kitab suci, ibadah berjamaah, mempertanggungjawabkan kesalahan, makan bersama, dan disiplin waktu. Karakter mandiri diperkuat melalui latihan baris-berbaris, pengkondisian kelas dan yel-yel taruna, sapa hormat, 5S dan 5R, aturan berseragam, dan menyelesaikan tugas mandiri. Faktor pendukung berasal dari warga sekolah, orang tua, dan stakeholders, sedangkan faktor penghambat dari guru/karyawan, peserta didik, orang tua, dan sarana prasarana. Upaya yang dilakukan meliputi koordinasi sekolah dan orang tua, evaluasi program, branding sekolah, buku monitoring, dan perbaikan sarana prasarana.


Full Text:

PDF

References


Siswoyo, D. (2013). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sudrajat. A. (2014). Budaya sekolah dan pendidikan karakter (Kapita Selekta). Yogyakarta: Intan Media. Kesuma, D., Cepi, T., & Johar, P. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Fahira, N., Zaka, H.R. (2021). Analisis penerapan 5 nilai karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Qalamuna – Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13 (2), 649-660. DOI: 10.37680/qalamuna.v13i2.1074. Chaeroni, A., Nurlan, K., Amung, M., Dian, B., (2021). Aktivitas fisik: Apakah memberikan dampak bagi kebugaran jasmani dan kesehatan mental?. Jurnal sporta saitikan, 6 (1), 54-62. Febriana, B., Dwi, H.R., (2023). Peningkatan ketahanan mental remaja melalui peer group counseling dalam wadah duta remaja sehat jiwa. SALAM: Jurnal sosial dan budaya syar-i, 10 (3), 929-938. DOI: 10.15408/sjsbs.v10i3.32151. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Pedoman umum penggalian dan perwujudan nilai akhlak mulia bagian penguatan pendidikan karakter (PPK). Jakarta: Kemendikbud. Lestari, S. (2020). Pengembangan karakter berbasis budaya sekolah. Semarang: CV Pilar Nusantara. Makhmudin A.M. (2020). Penerapan sistem pembinaan pendidikan ketarunaan terhadap kedisiplinan peserta didik SMK kemaritiman di kota palopo. [Tesis magister, tidak diterbitkan]. Institut Agama Islam Negeri Palopo, Sulawesi Selatan. Masrifah, I. (2021). Pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai (studi pada pegawai dinas pekerjaan umum kota Bekasi). Aliansi: Jurnal manajemen & bisnis, 16 (1), 31-42. Rahayu, F.S., Limia, K., Sharon, F.W., (2019). Dampak media sosial terhadap perilaku sosial remaja di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Seminar nasional inovasi teknologi. Hal 39-46. Ramdani, L., Husen, S.I., Hanafiah., (2022). Implementasi program penguatan pendidikan ketarunaan melalui kegiatan ketarunaan pada sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Subang. JSIM: Jurnal ilmu sosial dan pendidikan, 3 (1). Hal. 47-63. http://dx.doi.org/10.36418/syntaximperatif.v3i2.149. Suharyanto, E., Yunus. (2021). Pendidikan karakter yang efektif di era milenial. Indramayu: Penerbit Adab. Tuhuteru, L., Deisye, S., Mulyadi., Ayi, A., Mohammad, S.A., (2023). Urgensi penguatan nilai integritas dalam pendidikan karakter siswa. Journal on education, 5 (3), 9768-9775. http://jonedu.org/index.php/joe Yusutria., Rina, F. (2019). Aktualisasi nilai–nilai kemandirian dalam membentuk karakter mandiri siswa. Ta’dib: Jurnal pendidikan Islam, 8 (1), 577-582. DOI: 10.29313/tjpi.v8i1.4575. Peraturan Perundang-Undangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i3.22393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link