pembelajaran PPKn untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik (studi kasus di SMP Diponegoro Depok)

Intan Nurasiah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelaran NHT (Number Heads Together) dalam pembelajaran PPKn untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik di kelas Vlll B SMP Diponegoro Depok, kendala model pembelajaran NHT untuk penguatan karekter kerjasama peserta didik, dan upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut. Penenlitian ini menggunakan strategi penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran NHT mampu memperkuat karekter kerjasama peserta didik, sedangkan kendalanya yaitu keterlibatan siswa dalam menjawab pertanyaan, kesenjangan antar kelompok, pemanggil nomor, belum ada kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan. Upaya mengarasi kendala tersebut yaitu pembagian kelompok secara heterogen, mengundi nomor, menambah kegiatan evaluasi dan pemberian penghargaan.


Full Text:

PDF

References


Alpian. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian 1 (1),ISSN 2657-0203. Anita Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo. Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Baron, R. A. dan Byrne.D. (2005). Psikologi sosial.Jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita.Edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga. Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed edisi ketiga. (terjemahan Achmad Fawaid). Pustaka Pelajar (Edisi asli diterbitkan tahun 2009 oleh SAGE Publications. Thousand Oaks California) Gillies, R. M., & Ashman, A. (2003). Co-Operative Learning: The Social and Intellectual Outcomes of Learning in Groups. London: Routledge Falmer. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia. Huda, Miftahul. (2014). Model – Model Pengajarandan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hapsari, N.S dan Yonata, B. (2014). keterampilan kerjasama saat diskusi kelompok siswa kelas vi ipa pada materi asam basa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif di sma kemala bhayangkati 1 surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, 3 (2), :181- 188. Isjoni. (2011). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta Kusumanigrum, P. (2013). Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Pojok Semester 2 TahunPelajaran 2012/2013. Skripsi Moleong. Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks Permata Pri Media. Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovarif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Teken, Dominggus. (2019). “Mengatasi Masalah Belajar Murid pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) di Kelas V SDN 239 INP Rembon Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan-Pembelajaran.1(3). Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal UNM. 19(2): 1–17




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i2.22388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link