Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Dan Kultur Sekolah Dalam Upaya Penguatan Sikap Nasionalisme Di SMA Negeri 1 Sewon
Sunarso Sunarso, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penguatan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Sewon melalui intrarikuler (2) Mendeskripsikan penguatan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Sewon melalui ekstrakurikuler (3) Mendeskripsikan penguatan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Sewon melalui kultur sekolah (4) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penguatan sikap nasionalisme di SMA Negeri 1 Sewon. Jenis penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman 2004. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penguatan sikap nasionalisme melalui intrakurikuler pembelajaran PKn dengan 4 pokok materi (2) Penguatan sikap nasionalisme melalui ekstrakurikuler pramuka melatih tanggung jawab, toleransi, mencintai alam. (3) Penguatan sikap nasionalisme melalui kultur sekolah yaitu upacara bendera, dan 5S. (4) Faktor pendukung intrakurikuler adanya kecanggihan internet, dan faktor penghambatnya kurangnya keterbatasan guru mengakses internet. Faktor pendukung ekstrakurikuler memadai sarana dan prasarana, faktor penghambatnya kurangnya kesadaran siswa. Faktor pendukung kultur sekolah memiliki kultur sekolah yang postif, dan faktor penghambatnya dari dalam diri peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Abrar, A., & Sundara, K. (2017). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa di SMP Darul Hikmah Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2). https://doi.org/10.31764/civicus.v5i2.977 Amrah, A. (2016). MENGULIK PENGEMBANGAN NASIONALISME GENERASI MUDA DI ERA GLOBALISASI. Publikasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.2094 Anjar Kusuma, F. (2015). PEMBINAAN SEMANGAT NASIONALISME SISWA MELALUI KEGIATAN INRAKULIKULER DAN EKSTRAKULIKULER 1). In Jurnal Studi Sosial (Vol. 3, Issue 4). Didik, P. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, Vol. 1 No.(2). DJ, N., & Jumardi, J. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3775 Efendi, U. R., Arpah, S., & Yunita, S. (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN. JS (JURNAL SEKOLAH), 7(3). https://doi.org/10.24114/js.v7i3.46462 Mey Riska Zayulate, Yunisca Nurmalisa, H. Y. (2008). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme. Kultur Demokrasi, 8(1). Muhajir, M., & Sugiarti, N. (2019). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran PPKn dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Muhammadiyah 1 Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1). https://doi.org/10.26618/jed.v4i1.1986 Nainggolan, N. (2016). Peranan Kepramukaan Dalam Membina Sikap Nasionalisme Pada Gugus Melati Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1). Yuni lestari, R. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, Vol. 1 No.(2).
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i2.22387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.