Pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar PPKn peserta didik kelas XI SMA N 1 Kalasan

Putri Yanuarti Purnomo, , Indonesia
Iqbal Arpannudin, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar PPKn peserta didiK SMA N 1 Kalasan baik secara parsial maupun bersama-sama atau simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Kalasan tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 250 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 152 peserta didik dengan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar PPKn baik secara parsial maupun bersama-sama atau simultan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.