Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan tanggung jawab dan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 3 Jatinom
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran PPKn di SMPN 3 Jatinom terhadap peserta didik kelas VII dan kemudian di analisis bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap tanggung jawab dan keaktifan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PPKn terhadap tanggung jawab peserta didik kelas VII SMPN3 Jatinom, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PPKn terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Jatinom. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D dan VII E SMPN 3 Jatinom. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap tanggung jawab dan keaktifan belajar peserta didik dibuktikan dari hasil uji beda non parametrik yang menggunakan uji Mann-Whitney, yakni hasilnya menunjukkan p-value pada variabel tanggung jawab sebesar 0,000 (sig < 5%) dan p-value pada variabel keaktifan belajar sebesar 0,044 (sig < 5%) sehingga dapat diartikan ada perbedaah tanggung jawab dan keaktifan belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana rata-rata tanggung jawab dan keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.