Strategi Memperkuat Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik dalam Kurikulum Merdeka oleh Guru PPKn SMP Negeri 2 Trucuk Klaten

Winda Wahyu Puspitosari, , Indonesia
Iqbal Arpannudin, , Indonesia

Abstract


Kurikulum Merdeka memiliki tujuan tercapainya Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik dan guru PPKn memiiliki peranan penting dalam mewujudkan profil tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru PPKn di sekolah penggerak dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka serta mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara nyata strategi yang diterapkan guru PPKn di SMP Negeri 2 Trucuk beserta hambatan dan tantangannya. Pengambilan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn SMP Negeri 2 Trucuk menerapkan startegi pembelajaran sosial emosional yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler, intrakurikuler, kokurikuler dan berbasis sekolah. Hambatan yang dihadapi yakni kurang memadainya sarana prasarana, minat belajar peserta didik yang rendah dan guru yang belum memahami pelaksanaan kurikulum. Hal ini membuktikan bahwa masih terdapat hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh guru PPKn dalam pelaksanaan strategi penguatan Profil Pelajar Pancasila.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.