Upaya Pembentukan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Turi Kabupaten Sleman

Miftah Iswahyudi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Setiati Widihastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter pada peserta didik, hambatan dalam pembentukan karakter, dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam pembentukan karakter pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis dilakukan dengan teknik Miles dan Hubrman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka pada peserta didik dilakukan dengan menyelengarakan kegiatan seperti upacara, PBB, tali-temali, semaphore, ujian kenaikan tingkat dan perkemahan. Karakter yang terbentuk ialah nasionalisme, disiplin, tanggung jawab, religius, dan toleransi. 2) Hambatan dalam pembentukan karakter pada peserta didik ditemui pada perlengkapan perkemahan yang tidak memadahi, kesadaran peserta didik yang rendah dalam mengikuti kegiatan dan pergaulan peserta didik yang kurang terkontrol. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan dilakukan dengan pengadaan perlengkapan perkemahan, bersinergi antar pendidik di SMP Negeri 2 Turi dan bersinergi antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Alam, D. R. (2017). Pengaruh kegiatan ekstrakulikuler pramuka terhadap sedisiplinan Siswa kelas XI jurusan teknik gambar bangunan di SMK Negeri 2 Wonosobo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, 2(1), 32-42. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/6982 Astuti, A., Kasmawati, A., & Suyitno, I. (2021). Implementasi kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Bau Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, 2(1), 1-10. https://eprints.unm.ac.id./19028/1/4.20. Ayu, A. R. R., & Suwandi, I. M. (2013). Pembentukan karakter siswa SMP Negeri 6 Mojokerto melalui kegiatan upacara. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(1), 148-164. https://ejurnal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraan

Bafadal, I. (2014). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Bumi Aksara. Bahir, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Jurnal Ta’allum, 3(1), 57-76. https://media.neliti.com Fauzi, A. R. F. (2022). Dampak kegiatan ekstrakulikuler pramuka pada karakter disiplin sisiwa di SMA Zainul Hasan 1Genggong Probolinggo. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim. https://ethesse.uinmalang.ac.id/34684/1/17130140 Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Alfabeta. Hasibuan, W. F., & Rahadita, D. (2017). Faktor penyebab pelanggaran disiplin sekolah pada siswa kelas XII di SMA X Batam. Jurnal Cahaya Pendidikan, 3(1), 119-132. https://www.reserachgate.net/publication/33816153 Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Nusa Media. Kemendikbud. (2014). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakulikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Komalasari & Saripudin. (2017). Pendidikan karakter konsep dan plikasi living value education. PT. Refika Aditama. Mabruroh, L., Trihantoyo, S. (2017). Manajemen pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMPN 1 Kedamen. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/artical/view/ Majid, R. A. (2021). Pembentukan karakter religius peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di MAN 1 Bone. Thesis. Universitas Islam Negeri Alauddin. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/21103/ Marzuki & Woro, S. (2016). Peran pendidikan ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(5), 3-16. https://journal.uny.ac.id./index.php/jpka/artical/view/10733 Mokondopit, F. (2020). Implementasi kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter peserta didik di MAN 1 Kotamobagu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. IAIN Manado. https://repository.iain-manado.ac.id/164/ Mukhlas, S. (2014). Pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya. Muna, K., Kamila, N. (2023). Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan kepramukaan. Jurnal Kajian Pendidikan dan Kepramukaan, 1(2), 60-65. https://ojs.unm.ac.id/pandega/artical/dowmload/46905/23981 Nisa, A. K. (2019). Peran guru dalam pendidikan karakter peserta didik di SDIT Ulul Albab 01 Purworejo. Jurnal Hanata Widya, 8(2), 13-22. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/artical/ Notoatmojo, S. (2003). Pengembangan sumber daya manusia. PT. Rineka Cipta. Pratama, B. H., Nuswantari., Budiyono. (2020). Peranan upacara bendera hari senin terhadap pembinaan karakter disiplin siswa SMP. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 102-108. https://ejournal.unipma.ac.id/index.php/Citizenship Rochmah, A. I., Suwanda, I. (2019). Pembentukan karakter disiplin peserta didik berkebutuhan khusus melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMP N 4 Sidoarjo. Jurnal Moral dan Kewarganegaraan, 7(2), 993-1007. https://doi.org/10.26740/kmkn.v7n2.p Salsabila, I., Djazilan, S., Wildana, D., dkk. (2023). Strategi pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(4), 1023- 1034. https://journal.ikmedia.id/index.php/jishum/artical/download/246 Sholihah, I. (2018). Kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan tolerani beragama siswa sekolah dasar (Studi Multisitu di SD N 47 Mataram dan SD N 36 Cakranegara). Tesis. Program Magister Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://core.ac.uk/download/1535144463

Siswanto, M. B. E., Nuruddin, M., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Buku panduan pramuka. CV. Ainun Media. Soelaman, J. (1992). Konsep dasar pendidikan nonformal. Bumi Aksara. Sugiyono. (2020). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta. Sunardi, A. B. (2013). Ragam latihan pramuka. (5th ed). Nuansa Muda. Syafiudin, M. & Purwono, A. (2022). Peran ekstrakulikuler pramuka dalam pembentukan karakter disiplin siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2(1), 28-38. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna Usman, N. (2002). Konteks implementasi berbasis kurikulum. Grasindo. Wibowo, K. (2020). Wibowo, K. (2020). Penanaman nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Jember. https://digilib.uinkhas.ac.id/12885/1/khoirul20wibowo.pdf Widodo, A. (2006). Implementasi pembiasaan diri dan pendidikan karakter. Deepublish. Zubaedi. (2015). Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Penadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i1.22114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link