Keefektifan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Di Sekolah Menengah Pertama Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Nindha Alfiany Fajarera, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tentang proses evaluasi yang dilakukan guru mata pelajaran PPKn saat PJJ berlangsung, Menganalisis kendala yang dihadapi guru mata pelajaran PPKn saat proses evaluasi PJJ berlangsung, Mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PPKn saat proses evaluasi PJJ berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) evaluasi PJJ pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati tetap dilaksanakan secara online melalui media elektronik yakni handphone dengan whatsapp, google classroom, zoom, quizizz. (2) muncul beberapa kendala saat evaluasi PJJ pada mata pelajaran PPKn seperti kurangnya kesiapan siswa dan pendampingan orang tua, faktor ekonomi, dan jaringan internet yang kurang stabil. (3) Upaya dilakukan baik oleh guru mata pelajaran PPKn dan peserta didik untuk mengatasi kendala yakni berkomunikasi dan berkerjasama dengan berbagai pihak, serta mempersiapkan dan memastikan ketersediaan internet dan jaringan yang stabil.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid19. Research and Development Journal of Education.

Afifudin & Saebani, B. A. (2018). Metodolgi penelitian kualitatif. CV Pustaka Setia. Al Hakim, M. F. (2022). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Online Berbasis Digital pada Masa Pandemic Covid-19. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 44-56. Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). PT Remaja Rosdakarya.

Dermawan, I. B., & Harmianto, S. (2021). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 196-205.

Fauzi, A.N., 2013. Pendidikan Kewarganegaraan. Superior. Fitrah, M., & Ruslan, R. (2021). Eksplorasi sistem pelaksanaan evaluasi pembelajaran di sekolah pada masa pandemi covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178-187.

Gustin, G., & Suharno, S. (2015). Evaluasi pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 144-157. Hafid, A. (2011). Sumber dan media pembelajaran. Jurnal wawasan keislaman, 6(2), 69-78. Hamalik, O. (1989). Media pendidikan. Citra Aditya.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial pendekatan kualitatif dan kuantitatif Edisi Kedua. Erlangga Kurniawati, D. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh perangkat desa gandulan kecamatan kaloran kabupaten temanggung. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. Lexy J. M., (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Remaja Rosdakarya.

MASA, Proses Penilaian Pembelajaran Pjok Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smkn 1 Labang. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 09 Nomor 02 Tahun 2021.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya. Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.

Munir. (2012). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.

Muslim, B. (2012). Efektivitas penggunaan modul pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam upaya pencapaian hasil belajar siswa kelas IX smp negeri 4 Kalasan. Universitas Negeri Jakarta.

Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role playing dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56-64. Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal pendidikan dasar, 11(1), 94- 101.

Pristiwaluyo, T. (2015). Evaluasi program pembelajaran pkn di smk negeri 1 Liliriaja kabupaten soppeng marhamin patahuddin. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(1). Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Pogram Studi Antropologi, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana.

Rahmawati, I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar Peserta didik Pada Peserta didik Kelas Iv Mi Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo. Rahmi, S. (2015). Penerapan edmodo untuk meningkatkan sikap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran PPKn di smk negeri 1 bawen. Jurusan Politik san Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Raja, L. S. (2017). Evaluasi hasil belajar pendidikan islam. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Rosyada, Dede dkk. (2000). Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Prenada Media. Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Tobing. V. (2019). Pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar pai di sma negeri 1 pekalongan lampung timur tahun 2018/2019. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.




DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i1.22098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link